Tapanuli Utara Diguncang Gempa Satu Warga Meninggal dan 875 Rumah Rusak

Tapanuli Utara Diguncang Gempa Satu Warga Meninggal dan 875 Rumah Rusak

Kolase foto dampak gempa bumi di Tapanuli Utara (ANTARA/Rinto Aritonang)--

SUMUT, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Gempa tektonik yang terjadi di Kabupaten Tapanuli Utara pada Sabtu (1/10) pukul 02.28 WIB mengakibatkan satu warga meninggal dunia dan 26 orang mengalami luka. . 

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers mengatakan Gempa berkekuatan 5,8 magnitudo ini berdasarkan analisis, terjadi pada koordinat 2,11 derajat lintang utara dan 98,83 derajat bujur timur atau tepatnya di wilayah Tapanuli Utara pada kedalaman 10 meter. 

Kata Dwi, gempa yang terjadi di Tapanuli Utara adalah jenis gempa bumi dangkal akibat sesar besar Sumatera segmen Renun.

Gempa dirasakan di daerah Tarutung secara merata oleh warga setempat. 

Kemudian gempa juga terasa di daerah Singkil Aceh, Tapak Tuan Aceh dan terasa hingga Gunung Sitoli Sumut. 

Gempa di Tapanuli Utara ini tidak berpotensi tsunami. Hanya saja warga tetap dihimbau BMKG untuk waspada terhadap kemungkinan gempa susulan. Warga juga dihimbau untuk tak lagi tinggal di rumah yang rusak, miring maupun retak parah untuk mengantisipasi bangunan roboh.

Dikutip dari Antara, menurut Sekda Tapanuli Utara, Indra Sahat Hottua Simaremare, ada 872 unit rumah warga mengalami rusak ringan dan rusak parah. 

Kemudian ikut mengalami kerusakan yaitu 60 unit rumah ibadah serta 22 ruas jalan. Tak hanya itu ikut terkena dampak rusak delapan unit jembatan, 17 fasilitas pendidikan, dua unit fasilitas kesehatan serta 26 kantor pemerintah.

Juga terdapat kerusakan tiga tiang listrik PLN, sembilan tembok penahan tanah, 31 saluran irigasi, juga ada dua unit PJU serta sembilan unit fasilitas air bersih terdampak akibat gempa dinihari itu. (dpc)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: