Motivasi Sukses Renungan Awal Kuliah Mahasiswa

Motivasi Sukses Renungan Awal Kuliah Mahasiswa

Efitra, S.Kom., M.Kom--

Oleh :

Efitra, S.Kom., M.Kom
(Penulis Buku “Mahasiswa Kaya Karya” Dosen Prodi Sistem Informasi UIN STS Jambi)

 

Hari ini jika kita telah ditakdirkan menjadi seorang mahasiswa di manapun, di kampus apapun dan jurusan apapun, swasta atau negeri, kampus yang ternama ataupun tidak, kita yang sudah menjadi mahasiswa seharusnya banyak-banyak bersyukur. Tidak ada gunanya kita melihat kebelakang dan menyesali apa yang telah tuhan takdirkan kepada kita.

Banyak di antara kita, ribuan bahkan jutaan orang ingin bisa kuliah seperti kita, tapi tidak mempunyai kesempatan untuk duduk di bangku kuliah, dikaranakan  tidak memiliki biaya yang cukup atau kondisi perekonomian keluarga yang serba kekurangan, bahkan ada yang mau makan sehari-hari saja sulit, apa lagi ingin kuliah.

Tidak ada kebehasilan masa kini, jika tidak ada perjuangan masa lalu”. Menjadi seorang mahasiswa patut kita syukuri dan nikmati, bukan sebuah kebetulan kita ditakdirkan bisa memakai almamater kampus yang sangat istimewa ini. Hidup menjadi mahasiswa adalah sebuah pilihan, mesti kita jalani dengan sepenuh hati.

Lingkaran sumur sudah kita temukan, tugas kita adalah menggali sumur sedalam-dalamnya hingga menemukan mata air yang bersih dan terbaik. Begitu juga dengan mahasiswa, kita sudah berada dalam lingkaran sumur kampus, jurusan dan keahlian bidang kita, tugas kita hanya tinggal menggali sedalam-dalamnya serta mangasah kemampuan keilmuan kita untuk menemukan kehidupan yang bersih dan terbaik dalam arti kesuksesan sesungguhnya.

Kesuksesan tidak datang begitu saja, kesuksesan tidak instan dan kesuksesan tidak hanya sekedar hadir dalam mimpi tidur kita, tapi kesuksesan itu butuh perencanaan, perjuangan, pengorbanan, kesabaran dan keikhlasan disertai dengan do'a, tanggungjawab, displin, jujur dan berakhlak.

Mahasiswa sukses tidak melihat tugas kuliah itu suatu masalah atau beban baginya, melainkan itu adalah sebuah tantangan yang menarik dan harus dinikmati setiap prosesnya. Belajar itu sama halnya traveling, setiap perjalanan harus ditempuh dan dinikmati. Begitu juga dengan belajar kita harus tempuh  dan  nikmati prosesnya, hasil itu hanyalah bonus dari proses tersebut.

Mahasiswa sukses juga harus selalu berpikir maju ke dapan. Gunakan kaca mata kuda yang  tidak dapat melihat kiri dan kanan, hanya terfokus dengan tujuan, biarlah orang berkata apa, orang melakukan apa dan apapun kondisi situasi kita saat ini, yang terpenting bagi kita adalah melakukan hal yang terbaik dan fokus  atas masa depan yang kita rencanakan.

Mahasiswa sukses mempunyai rencana atau road map 5 atau 10 tahun akan datang. Saya ini mau jadi apa, mau ke mana, dan apa yang akan saya harus lakukan. “Sukses itu milik semua orang, asalkan ingin berusaha yakin dan percayalah kesuksesaan itu akan tiba”.

Ambillah selembar kertas dan tuliskan sebanyak-banyaknya apa yang menjadi angan-angan dan impian kesuksesan kita di masa akan datang. Lalu tempelkan di tempat, di mana kita sering melihatnya (di Kaca, dinding kamar atau depan meja belajar kita). Lantas, kejarlah impian tersebut. Lihatlah apa yang akan terjadi 5 atau 10 tahun akan datang. InsyaAllah impian yang telah kita tulis tersebut akan terjadi. Tulisan adalah salah satu do’a yang sangat ampu dalam meraih kesuksesan.

Kesuksesan itu milik semua orang, jangan jadikan alasan keterbatasan hidup, hidup adalah perjuangan, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah anda, tapi jika Anda mati dalam keadaan miskin itu salah anda”.(Bill Gates).

Jika orang tua kita kaya, yakinlah bahwa kekayaan itu tidak selamanya, sewaktu-waktu hilang diambil kembali oleh tuhan. Jangan banggakan harta orang tua kita, sebaiknya  gunakanlah harta tersebut dengan baik untuk menuntut ilmu. Ada pepatah mengatakan “Tuntunlah ilmu sampai ke negeri Cina”.

Jika orang tua kita miskin jangan merasa renda diri, banggalah dangan mereka, kita harus bersyukur atas semua yang telah tuhan takdirkan. Tugas kita hanya merubah itu semua menjadi lebih baik.

Jika orang tua kita miskin jangan merasa rendah diri, banggalah dangan mereka, kita harus bersyukur atas semua yang telah Tuhan takdirkan. Tugas kita hanya merubah itu semua menjadi lebih baik.

 “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum hingga mereka mengubah diri mereka sendiri,” (QS. Ar-Ra'd:11)

Keberhasilan itu juga tidak sepenuhnya dilihat dari kecerdasan, melainkan ada hal yang lebih dari pada itu, yaitu keberkahan dalam menuntut ilmu. Untuk meraih kesuksesan kita harus sadar betul mengenai keberkahan dalam menuntut ilmu ini.

Jangan lakukan hal-hal yang membuat guru/ dosen dan orang tua kita tidak ikhlas atau menyakitinya atas ilmu yang telah kita dapatkan, itu akan menjadi penghalang kesuksesan di masa depan kita.

Banyak di luar sana ketika lulus kuliah, seketika kuliah dulu terlihat pintar dan cerdas, tapi sulit mendapatkan pekerjaan/ bisnis, masih menjadi beban orang tua bahkan seakan-akan keberuntungan tidak menghampirinya. Itu semua bisa disebabkan oleh tidak berkahnya ilmu yang didapatkan ketika menuntut ilmu.

Di sisi lain ada juga mahasiswa ketika kuliah kelihatannya  biasa-biasa saja, tetapi sukses mendapatkan pekerjaan/ bisnis, yang tidak pernah kita duga-duga sebelumnya, inipun terjadi karena ada keberkahan dalam perkara menuntut ilmu. Jadilah mahasiswa yang mandiri, jujur dan bijaksana dalam perkara menuntu ilmu !

Menjadi mahasiswa sukses adalah impian semua orang, jangan sia-sia waktu untuk tidak berkarya dan berjuang untuk menjadi masa depan yang lebih baik. Sayangi kedua orang tua kita, lakukan hal yang terbaik untuk mereka. Selamat berjuang dalam meraih kesuksesan sesungguhnya.

Ingatlah  wahai Mahasiswa !

"Kesuksesan butuh persiapan, kesuksesan butuh perencanaan, kesuksesan butuh pengorbanan, kesuksesan butuh perjuangan, kesuksesan butuh kesabaran dan, kesuksesan butuh keikhlasan”.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: