Gaji 1.166 PPPK Tak Dibayar, Hotman: Tolong KPK Segera Turun

Gaji 1.166 PPPK Tak Dibayar, Hotman: Tolong KPK Segera Turun

--

Namun, lanjut Wiyadi, pusat telah menetapkan 1.166 P3K guru untuk Kota Bandar Lampung. Karena ada pengaduan dari P3K ke DPRD melalui Komisi 4 yang ditindak lanjuti Komisi 1 dan 2, diambil solusi pemberian SK pada Juli 2022.

"Supaya memberikan keyakinan dan ketenangan ke P3K, maka SK dibagikan. Tapi dengan pembagian SK tersebut tidak serta merta terima gaji dan bertugas. Karena dasar P3K terima gaji dan tugas bukan SK saja. Tapi ada SPMT," terang seperti dikutip Radar Lampung (Disway Group).

Permintaan Hotman Paris untuk KPK  

Sesuai permintaan Hotman Paris, lewat instagramnya @hotmanparisofficial yang diunggah Senin, 26 September 2022, Kemendagri bergerak cepat mengutus tim ke Bandarlampung, yang dipimpin Itjen Tumonggi Siregar.

Datang siang hari ke Pemkot Bandar Lampung, Itjen Kemendagri hanya bertemu dengan Sekda, Inspektur Pemerintah Provinsi dan Kota, dan sejumlah pejabat Pemkot terkait di bidang keuangan dan administrasi.

Dalam pertemuan itu, Sekda Sukarma Wijaya mengatakan Pemerintah Kota tidak memiliki uang untuk membayar 1.166 guru PPPK. Namun, jika ada perintah, ia menyebut pihaknya akan membayarkannya.

Itjen Kemendagri Tumonggi Siregar berjanji akan melaporkan hasil pembicaraan dengan pimpinan Pemkot Bandar Lampung. 

Namun, Kemendagri tetap meminta Pemkot membayar segera gaji 1.166 guru PPPK tersebut.

Gaji para guru PPPK Bandar Lampung menjadi viral pada Senin Pagi, 26 September 2022, karena perwakilan mereka mendatangi pengacara Hotman Paris, yang kini dikenal sebagai host dan selebgram.

Pengacara Hotman Paris, lewat instagramnya @hotmanparisofficial, meminta KPK memeriksa Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana terkait belum menggaji ribuan guru PPPK selama 9 bulan.

Hotman Paris juga meminta Mendagri, Mendikbudristek, dan DPR menurunkan tim ke Bandar Lampung untuk menyelidiki perkara tersebut dan memberikan jaminan kepada guru PPPK tidak dipecat semena-mena oleh Wali Kota Bandar Lampung.

Para perwakilan guru PPPK menyebut mereka seharusnya menerima gaji sejak Desember 2021 yang lalu, karena sudah lulus menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Sebelum bertemu Hotman Paris, para perwakilan guru PPPK juga menyebut sudah ke DPR RI dan berbagai lembaga terkait di Jakarta.

Para guru tersebut mendapatkan informasi bahwa Kementerian Keuangan sudah mentransfer dana Rp 81 miliar untuk gaji mereka. (disway)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: