Parede 98 Tekuluk Meriahkan Festival Batanghari 2022

Parede 98 Tekuluk Meriahkan Festival Batanghari 2022

Peserta parede tekuluk mengambil star dari Museum Gentala Arasy--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Pemerintah Provinsi Jambi mempopulerkan kembali budaya khas daerah Jambi yakni Parede Tekuluk atau pengikat kepala khas perempuan Jambi dalam rangkaian Festival Batanghari tahun 2022. Dalam parede tekuluk ini dipamerkan sebanyak 98 model tekuluk yang diperagakan oleh ratusan orang yang melibatkan perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pemerintah Provinsi Jambi dan pelajar setingkat SLTA.

Parede tekuluk tersebut mengambil star dari Museum Gentala Arasy, kemudian melintasi Jembatan Gentala dan finis di kawasan Tanggo Rajo atau depan Rumah Dinas Gubernur Jambi, pada Kamis (22/9/22). Parade tekuluk ini disaksikan langsung oleh Ketua TP PKK Provinsi Jambi, Hj. Hesti Haris. 

Dalam sambutannya Hj. Hesti Haris mengatakan, pemakaian tekuluk setiap tingkatan usia memiliki cara pemakaian atau model pemasangan tekuluk yang juga berbeda-beda. Hal itu terlihat dari model yang diperagakan saat parede tekuluk. “Sebanyak 98 model tekuluk diperagakan dalam dalam parede ini, ada 30 model sudah ada tutorial secara resmi di youtube Dekranasda dan langsung dimodelkan oleh isteri menteri. Kami mengucapkan terimakasih dan salam hormat kami atas keikutsertaan dalam kegiatan ini,” katanya saat menyampaikan sambutan.


Saat parede tekuluk melintasi Jembatan Gentala Arasy--

Parade tekuluk merupkan salah satu adalah upaya pemerintah mengangkat kembali apa yang ada selama ini di tengah tengah masyarakat, yang dulunya kental dengan khas perempuan Jambi. Diharapkan melalui parade tekuluk ini menjadi suatu kebangkitan budaya Jambi di tingkat nasional ke depannya.

Pada dasarnya parede tekuluk ini bukan hanya sekadar parede saja biasa, namun sebenarnya dilombakan. Adapun pemenang dalam parade tekuluk ini yaitu juara 1 dari Dinas Perkebunan Provinsi Jambi, juara 2 dari Himpunan Prempuan Melayu Jambi (HPMJ) dan juara 3 dari Disperindag Provinsi Jambi. Ada juga juara harapan 1 yang diraih oleh Biro Adpem Provinsi Jambi, Juara harapan 2 dari Efenta dan juara harapan 3 dari Superstar. Sementara untuk yang masuk nominasi yaitu  DWP Dinas Arsip Perpus Kota Jambi, Dinas Ketahanan Pangan dan SMA N 2 Kota Jambi. (kar)

Sumber: