Serunya Lomba Permainan Tradisional Yeye di Museum Siginjei

Serunya Lomba Permainan Tradisional Yeye di Museum Siginjei

Peserta saat mengikuti lomba permainan tradisional Yeye--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Permainan tradisional merupakan bentuk pemajuan kebudayaan. Namun Permainan tradisional saat ini sudah mulai tergerus zaman. Hal itu lantaran sudah meluas dan berkembangnya game online atau permainan dengan teknologi gawai.


Foto bersama usai kegiatan lomba--

Sebagai upaya untuk mengangkat dan mengembalikan permainan tradisional, yakni dengan kembali mengenalkannya kepada anak-anak. Oleh karena itu, Museum Siginjei mengadakan lomba permainan tradisional Yeye yang melibatkan anak sekolah setingkat SLTP se Kota Jambi. Lomba permainan tradisional Yeye dilangsungkan di halaman belakang Museum Siginjei pada Senin (19/9/22), dan masih dalam rangkaian kegiatan Kenduri Swarnabhumi.

Panitia pelaksana lomba, melalui Kasi Bimbingan dan Publikasi Museum Siginjei, Rimala Isma, S.S, M.Sn, mengatakan, salah satu permainan yang cukup digemari oleh anak-anak perempuan yaitu permainan tradisional Yeye. Lomba permainan ini seru sekali. Dalam permainan, para pemain diajarkan nilai-nilai interaksi, sportivitas, kerjasama, budaya, dan lainnya. “Permainan tradisional Yeye ini memilik banyak manfaat dalam tumbuh kembang pembentukan karakter anak-anak, diantaranya seperti membangun rasa percaya diri, melatih konsentrasi dan ketangkasan anggota badan,” katanya.

Rimala Isma menambahkan, permainan tradisional Yeye ini dipilih untuk dilombakan sebagai upaya Museum Sigijei untuk terus melestarikan permainan tradisional. “Permainan tradisional ini sekarang sudah banyak dilupakan masyarakat, kita ingin terus melestarikan permainan tradisional ini sebagai warisan budaya nenek moyang kita,” imbuhnya. 

Meysa, sebagai pemenang lomba Permainan tradisonal Yeye yang mewakili dari grup SMPN 10 Kota Jambi, mengaku bahagia bisa menjadi juara dalam permainan yeye karet tersebut bersama teman-temannya. Ia mengaku di sekolahnya pernah memainkan permainan tradisonal Yeye tersebut, terutama saat jam pelajaran olahraga. “Juga pernah ikut lomba beberapa kali, dan baru kali ini juara,” ungkapnya.

Dalam lomba ini panitia menyediakan piala dan penghargaan untuk para pemenang. Adapun juara 1 diraih oleh smpn 10, juara 2 diraih oleh SMPN 14, juara 3 diraih oleh SMPN 22. Juara harapan 1 diraih oleh MTS Mazniah, juara harapan 2 diraih oleh SMPN 1, dan juara harapan 3 diraih oleh SMPN 17. (kar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: