Ada Kabar Baik, Mutasi Covid-19 Bisa Ditangkal dengan Cara Ini

Ada Kabar Baik, Mutasi Covid-19 Bisa Ditangkal dengan Cara Ini

Ilustrasi Covid-19. Foto : ISTIMEWA/NET----

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Dokter Spesialis Pulmonologi dan Pengobatan Pernafasan (Paru-Paru), Dr. dr. Erlina Burhan mengatakan bahwa vaksin yang sudah diterima setiap individu mampu menghalau mutasi Covid-19.

Diketahui bahwa virus Covid-19 masih terus menerus bermutasi hingga membuat sifat virus semakin sulit terlindungi oleh imunitas tubuh manusia.

Ia menilai saat ini kondisinya tidak terlalu darurat untuk mengeluarkan vaksin dengan varian yang baru untuk mencegah mutasi Covid-19.

"Tidak terlalu emergency untuk buat vaksin baru untuk varian baru," ucap Erlina saat webinar bersama AstraZeneca, di Jakarta, dikutip dari laman PMJ News.

"Sementara ternyata vaksin tersedia masih bisa melindungi," tuturnya menambahkan.

Ada juga vaksin bivalen yang terus disarankan oleh pakar dan disarankan untuk dapat dipakai demi membantu mengatasi pandemi Covid-19.

Target dari dikeluarkannya vaksin bivalen bisa mencegah varian asli dan varian Omicron untuk melindungi individu yang lebih kuat.

Selain itu Erlina menjelaskan kalau vaksin bivalen dapat dijadikan antisipasi varian Covid-19 yang terus bermutasi

"Ini sesuatu yang baik karena bisa hadapi dua varian berbeda. Antisipasi itu perlu. Apalagi situasi virus sangat dinamis," paparnya.

"Maka sebab itu kita harus bersiap-siap. Ini suatu perkembangan bagus dan dapat kita terima," tambahnya. (disway)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: