India Minta Berlian Kahinoor yang Terpasang pada Mahkota Ratu Elizabeth II Dikembalikan

India Minta Berlian Kahinoor yang Terpasang pada Mahkota Ratu Elizabeth II Dikembalikan

Mahkota Ratu Elizabeth II --

INDIA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Twitter India tiba-tiba trending dengan kata Kahinoor pasca Ratu Elizabeth II meninggal dunia Kamis (8/9). 

 

Kohinoor adalah berlian yang terpasang pada mahkota Ratu Elizabeth II. Kohinoor menjadi salah satu berlian dari 2800 berlian yang terpasang pada mahkota tersebut. 

 

Setelah meninggal, mahkota itu akan jatuh pada Camilla sebagai permaisuri, istri Raja Charless II selaku raja baru Inggris. 

 

Rakyat India meyakini bahwa batu Kahinoor yang terpasang pada mahkota itu adalah batu berharga dan mahal yang diserahkan secara paksa kepada Inggris pada tahun 1840han. 

 

Aslinya, batu itu memiliki 793 karat. Cukup panjang sejarah batu tersebut. Semula batu itu ditemukan dalam satu pertambangan di wilayah India. Batu ini awalnya dipegang oleh Mogul,  kemudian direbut oleh Persia, lalu dirampas oleh Afganistan.

 

Kemudian sigh Maharajakh dan Ranggit Singh membawanya kembali ke India. Lalu kemudian berpindah tangan ke Inggris. Inggris konon memaksa raja yang baru saja berusia 10 tahun bernama Dunjeep menyerahkan batu itu lalu kemudian diserahkan ke Ratu Victoria.

 

Batu lalu dipotong kemudian dipasang pada mahkota Ratu Alexandra dan Ratu Mary hingga akhirnya pada tahun 1937 batu itu ditempatkan pada mahkota Ibu suri. Meski demikian, batu ini tetap menjadi rebutan, negara-negara seperti Iran, Pakistan, Afganistan dan India menklaim itu adalah batu mereka. 

 

Kini, netizen India pun beramai-ramai minta batu berlian itu dikembaikan oleh kerajaan Inggris. “Batu itu telah dicuri, kembalikan segera ke kami, di sini di India,” tulis salah satu netizen. 

 

Heboh minta berlian ini dikembalikan tak terjadi hanya kali ini. Dulu saat awal India merdeka tahun 1947, India pernah minta berlian itu dikembalikan. (dpc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: