Pendirian Fakultas Kedokteran UIN SUTHA Melaju Cepat Dengan Dukungan Berbagai Pihak

Pendirian Fakultas Kedokteran UIN SUTHA  Melaju Cepat Dengan Dukungan Berbagai Pihak

Foto Bersama dalam Kegiatan FGD--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Target UIN Sulthan Thaha Saifuddin (STS) Jambi untuk memiliki Fakultas Kedokteran sepertinya akan terwujud dalam waktu dekat. Hal ini melihat dukungan penuh yang diberikan berbagai pihak terus bertambah ini menjadikan Rektor UIN SUTHA Jambi bersama tim semakin bersemangat dalam menyelesaikan semua persiapan yang dibutuhkan untuk pendirian Fakultas Kedokteran di Kampus Biru.


Foto bersama Anggota DPR RI Dapil Jambi, H.Hasan Basri Agus, Rektor UIN Jambi, Prof. Dr. H. Suaidi,MA.,Ph.D, Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, drg. Arianti Anaya. M.K.M., dan Wakil Gubernur Jambi, Drs. H. Abdulla--

Bertempat di aula Rumah Dinas Gubernur Jambi, Selasa (24/8), UIN Jambi melakukan Focus Group Discussion pendirian Fakultas Kedokteran. FGD ini dihadiri  Wakil Gubernur Jambi, Drs. H. Abdullah Sani.,M.Pd.I., Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, drg. Arianti Anaya. M.K.M., Direktur Penyediaan Tenaga Kesehatan, Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Dra. Hj. Oos Fatimah Rosyati, M.Kes., Anggota DPR RI Dapil Jambi, H.Hasan Basri Agus, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Jambi, Dr. Rofiqoh Ferawati, SE.,M.EI, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Jambi, Dr. Bahrul Ulum, MA., Kepala Biro AUPKK, Hj. Sri Ilham Lubis, Lc.,M.Pd.I., Kepala Biro APKK, Dr. H. A. Munir, MA., Sub koordinator Kerjasama dan Tim Kedokteran, dr. Tri Wibowo Dekan dilingkungan UIN Jambi, para dewan pengawas, para dewan penyantun, walikota dan Bupati se-Provinsi Jambi, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Direktur Poltekkes Jambi, Direktur RS H Abdul Manap Kota Jambi, Direktur RS H.Hanafi Bungo serta tamu undangan lainnya.

Rektor mengatakan, UIN Jambi memiliki visi sebagai ‘Lokomotif Perubahan Sosial Unggul Nasional menuju Internasional dengan Semangat Moderasi dan Entrepreneurship Islam’. Hal ini menjadikan banyak perubahan yang sedang berproses terutama dalam mereformasi cara berpikir, cara bekerja dan meningkatkan budaya kerja yang positif san kondusif.


Foto Bersama Anggota DPR RI Dapil Jambi, H.Hasan Basri Agus, Rektor UIN Jambi, Prof. Dr. H. Suaidi,MA.,Ph.D, Direktur Penyediaan Tenaga Kesehatan, Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Dra. Hj. Oos Fatimah Rosyati, M.Kes., Direktu--

“Kita sudah membuktikan dengan visi yang kita miliki, UIN Jambi menjadi satu-satunya kampus di bawah Kementerian Agama yang masuk ke dalam Times Higher Education Ranking Tahun 2022 pada peringkat ke-20 bersama 6 perguruan tinggi lainnya dan juga ranking ke-29 pada World Islamic Ranking,” jelas Rektor UIN SUTHA Jambi, Prof. Dr. H. Suaidi,MA.,Ph.D.

Ditambahkan Rektor dengan FGD ini membawa secerca harapan untuk pendirian Fakultas Kedokteran agar segera hadir di Kampus Biru dan menjawab pertanya – pertanyaan masyarakat Jambi tentang kapan Fakultas Kedokteran UIN SUTHA resmi hadir.

“Alhamdulilah semoga yang disampai ibu Dirjen menjadi secercah harapan kami, bahwa UIN Jambi segerah akan membuka Fakultas kedokteran,” tegas Rektor UIN Jambi.

Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, drg. Arianti Anaya. M.K.M., menyampaikan pertemuan ini sangat penting karena jumlah dokter yang diIndonesia umumnya dan Provinsi khususnya untuk saat ini masih banyak kekurangan. Hal ini pastinya membutuhkan Fakultas Kedokteran guna menghasilkan lulusan tenaga dokter yang pastinya dengan kaulitas terbaik.

“Untuk Provinsi Jambi sendiri dengan jumlah penduduk mencapai 3.7 juta dibutuhkan dokter sebanyak 3.700 orang, tetapi saat ini yang dimiliki baru 1.225 dokter ini berarti Provinsi Jambi masih kekurangan 2.505 tenaga dokter lagi. Dimana idealnya 1:1000, jumlah dokter dan penduduk,” jelas drg. Arianti Anaya. M.K.M.

Untuk Jambi sendiri saat ini baru UNJA yang memiliki Fakultas Kedokteran dan pastinya sangat sulit untuk memenuhi kekurangan tersebut, hal ini pastinya membuka peluang besar bagi UIN Jambi bila memiliki Fakultas Kedokteran guna memenuhi kuota kekurangan tersebut dan pastinya dengan kualitas yang terbaik.

Pemerintah Provinsi Jambi melalui Wakil Gubernur Jambi, Drs. H. Abdullah Sani.,M.Pd.I., mendukung penuh pendirian Fakultas Kedokteran UIN SUTHA Jambi karena pastinya akan berdampak dengan peningkatan kualitas SDM dan pelayanan kesehatan di Provinsi Jambi.

”Saya terharu atas rencana besar UIN STS Jambi untuk membuka Fakultas Kedokteran, apalagi saya berasal dari keluarga besar UIN Jambi, semoga harapan ini dapat terwujud atas Izin Allah SWT, Peran UIN sangat besar dalam meningkatkan SDM di Negeri sepucuk jambi sembilan lurah,” kata alumni Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) UIN Jambi ini. (uci)

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: