Prodi Tadris Matematika Adakan PkM, Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa

Prodi Tadris Matematika Adakan PkM, Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa

Prodi Tadris Matematika Adakan PkM, Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Prodi Tadris Matematika FTK UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan melibatkan dosen dan mahasiswa. Kolaborasi antara dosen dan mahasiswa dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat ini rutin dilakukan sebagai bentuk perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pengabdian kepada masyarakat kali ini dilakukan dalam bentuk workshop dengan tema pemanfaatan wordwall untuk pembelajaran matematika di MGMP Matematika Rayon 2 MTs se-Kota Jambi. Kegiatan pengabdian ini dilakukan pada Sabtu, (6/8) bertempat di MTs N 2 Kota Jambi dan diikuti oleh 30 orang guru yang berasal dari MTs yang berbeda-beda. 

Kegiatan pengabdian dibuka dengan sambutan dari ketua MGMP Matematika Rayon 2 MTs se-Kota Jambi yaitu Ibu Martini, S.Pd. Dalam sambutannya beliau menyatakan sangat mengapresiasi kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh Prodi Tadris Matematika FTK UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, ditambah pula dengan tema yang diberikan sangat relevan dengan kemajuan teknologi. Beliau berharap kegiatan pengabdian ini yaitu pemanfaatan wordwall dapat membantu para guru dalam proses belajarmengajar Matematika di kelas khususnya untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar Matematika. Di sisi lain Bapak Drs. Sunarto, M.Pd selaku Ketua Prodi Tadris Matematika dalam sambutannya juga berharap hal yang sama terkait dengan pelaksanaan kegiatan pengabdianini. Lebih lanjut dalam sambutannya beliau mengungkapkan bahwa kegiatan pengabdian seperti ini harus sering dilakukan sebagai wujud kesinergian antara perguruan tinggi dan sekolah. 

Kegiatan pengabdian dalam bentuk workshop dengan tema pemanfaatan wordwall untuk pembelajaran matematika di MGMP Matematika Rayon 2 MTs se-Kota Jambiinidimulai pada pukul 11.00 sampai 15.00 WIB. Kegiatan yang berdurasi 4 jam ini dibagi menjadi 5 sesi yaitu (1)Introduction; (2) Connection; (3)Application ; (4) Reflection dan (5) Extension.

Kegiatan Introductionpendamping yang diwakilkan oleh Ibu Defina Dwi Bulan, S.Pd., M.Sc, beliau menyampaikanlatar belakang, tujuan, dangaris besarkegiatan. Kegiatan Connection yaitu melakukan urun pengetahuan terkait wordwall. Selanjutnya kegiatan Application yaitu Kegiatan: Latihan membuat wordwall. Pada kegiatan Reflection merefleksiapa itu wordwall dan mengapaperlu wordwall bagi guru serta memberikan penguatan-penguatan. Terakhir pada kegiatan Extension menyarankan guru untuk senantiasa memperbaharui dan memberikan variasi pada template wordwall dengan berbagai materi yang relevan dalam praktik mengajar Matematika.

Kegiatan pengabdian  ini terlaksana dengan baik dan sukses, ditambah pula antusias  dan  sambutan  positif para guru dalam  proses pelaksanaan workshop pemanfaatan wordwall untuk pembelajaran matematika di MGMP Matematika Rayon 2 MTs se-Kota Jambi. Dari kegiatan pengabdian ini diharapkan para guru dapat memanfaatkan wordwall dalam pembelajaran matematika di kelasnya.Pihak MGMP Matematika Rayon 2 MTs se-Kota Jambi berharap akan ada lagi pendampingan seperti ini dilakukan oleh dosen UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, tetapi dengan tema yang berbeda-beda. (Tim PkM Prodi Tadris Matematika FTK UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: