Museum Siginjei Adakan LCC Tingkat SLTP, Sebagai Upaya Mengenalkan Sejarah ke Generasi Muda

Museum Siginjei Adakan LCC Tingkat SLTP, Sebagai Upaya Mengenalkan Sejarah ke Generasi Muda

Saat berlangsungnya lomba LCC di Auditorium Museum Siginjei--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Berbagai upaya terus dilakukan Museum Siginjei untuk mengenalkan sejarah dan budaya yang ada di Provinsi Jambi kepada generasi muda. Salah satunya, yaitu melalui Lomba Cerdas Cermat (LCC) tingkat SLTP se-Provinsi Jambi yang dilaksanakan di Auditorium Museum Siginjei, Rabu (27/7). Di mana dalam LCC tersebut materi yang dilombakan lebih difokuskan pada benda bersejarah peninggalan masa lalu masyarakat Jambi yang kini menjadi koleksi Museum.


Pejabat dari Disbudpar yang hadir saat lomba LCC--

LCC tingkat SLTP se-Provinsi Jambi dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jambi Drs. M. Arif Budiman, MH, dihadiri oleh pejabat eselon II dan III dilingkup Disbudpar dan kepala sekolah dari sekolah yang mengikuti LCC di Museum Siginjei.

 

Kepala Disbudpar, Drs. M. Arif Budiman, MH dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan secara resmi mengatakan, LCC yang dilaksanakan sebagai salah satu upaya untuk melestarikan nilai-nilai budaya yang ada di Provinsi Jambi. Juga untuk menguji sejauh mana ilmu dan wawasan para pelajar mengetahui sejarah daerahnya sendiri. "Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman pelajar terhadap museum, menyebarluaskan informasi/pengetahuan tentang wawasan kebudayaan dan perjuangan bangsa sehingga terwujud kesadaran jati diri bangsa untuk mewujudkan karakter yang kuat dalam diri generasi muda. Kegiatan ini juga bertujuan mengenalkan tokoh pahlawan agar dapat meneladani semangat patriotismenya serta menumbuhkan rasa bangga dan cinta terhadap tanah air," ujarnya.

 

Arif menambahkan, bahwa yang namanya pertandingan pasti ada kalah dan menang, namum tetaplah menjunjung sportivitas. Kepada para guru pendamping, Arif berpesan agar teruslah mengayomi anak didik kedepannya, karena dari guru inilah akan menghasilkan pemimpin untuk masa depan. 

 

Ketua Panitia LCC, melalui Kasi Bimbingan dan Publikasi, Rimala Isma, S.Sn, M.Sn menambahkan, jumlah sekolah yang diundang untuk mengikuti LCC tingkat SLTP yaitu sebanyak 18 sekolah, namun yang berpartisipasi yaitu sebanyak 14 sekolah. Adapun tema yang diusung dalam kegiatan ini yaitu ‘Kaji dan Lestarikan Nilai-Nilai Tradisi Masyarakat Jambi’. “Harapannya pelajar tingkat SLTP yang mengikuti LCC dapat lebih mengasah pengetahuan mengenai museum, sejarah dan budaya,” imbuhnya.

 

Pemenang lomba LCC tingkat SLTP ini yaitu, Juara 1 dari SMP N 2 Kota Jambi, Juara 2 dari SMP 10 Kota Jambi, Juara 3 dari SMP Xaverius. Selanjutnya Juara Harapan 1 fari SMP Al Falah Kota Jambi, Juara Harapan 2 dari SMP 2 Kota Jambi, Juara Harapan 3 dari SMP Unggul Sakti. (kar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: