Harga Cabai Lebih Mahal dari Daging

Harga Cabai Lebih Mahal dari Daging

MEROKET : Harga Cabai di Beberapa Pasar Rakyat di Kota Jambi mencapai Rp160 Ribu Perkilogramnya.-M Ridwan Jambi Ekspres-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Harga cabai di Pasar Tradisional di Jambi terus meroket. Kebutuhan dasar dapur tersebut kini tembus diangka Rp 160 ribu per kg. Atau harga ini lebih mahal dari harga daging sapi umumnya di kisaran Rp150 ribuan.

Seperti yang terpantau harian ini di Pasar Angso Duo, Kota Jambi, kemarin (10/7). Cabai merah keriting dijual Rp 160 ribu per kg, cabai rawit Rp 90 ribu per kg. Selain harga cabai, bawang merah juga masih melambung, harga per kg nya mencapai Rp 56 ribu.

Kenaikan harga ini juga ditengarai karena pedagang tidak banyak yang berjualan. Pembeli juga tidak terlihat ramai, karena masih merayakan hari raya Idul Adha 1443 H.

Salah satu pedagang cabai di Pasar Angso Duo, Yani, bahwa harga kembali melambung naik sejak satu pekan yang terkahir.

"Ini memang paling mahal sejak harga cabai naik. Sebelumnya diangka Rp 100 ribuan per kg," katanya, kemarin (10/7).

Untuk cabai rawit sebut Yani, harganya beragam. Rawit putih Rp 70 ribu, rawit kampung Rp 80 ribu, rawit jengki Rp 90 ribu per kg.

"Lain cabai hijau besar, per kg nya Rp 50 ribu," ujarnya

Lebih lanjut Yani menyebutkan, selain cabai harga bawang merah juga masih tinggi. Rp 56 ribu per kilonl, sedangkan bawang putih Rp 24 ribu per kilo.

"Harga bawang ini naik sudah sejak lama," katanya.

Melambungnya harga cabai tersebut, membuat omset penjualan para pedagang cabai ikut menurun. Sehingga beberapa pedagang tetap berjualan untuk menghabiskan dagangannya di hari Idul Adha.

"Biasanya ada yang beli cabai Rp 5 ribu, sedangkan satu ons Rp 16 ribu, jadi bingung mau menjualnya," sebutnya

Dengan kenaikan harga tersebut, membuat pembeli mengeluh. Salah satunya Dian, pengujung pasar Angso Duo, kemarin (10/7).

"Sekarang terpaksa beli sedikit, sehari atau dua hari sudah habis," katanya.

Sementara itu sebelumnya Gubernur Jambi Al Haris juga melakukan inspeksi mendadak ke Pasar Angso Duo Jambi pada Jumat (8/7). Bersama Tim Pemantau Inflasi Daerah (TPID) Jambi, Al Haris mendapati ada beberapa harga kebutuhan pokok yang mengalami kenaikkan diantaranya cabe, bawang dan telor.

“Kondisi harga-harga jelang Idul Adha kita melihat ada perubahan harga terutama harga sembako bawang merah, telor mengalami kenaikan, cabe yang paling tinggi kenaikannya,” ungkap Al Haris

“Ini karena rantai distribusi juga berkurang, tadi kita cek barang dari Jawa. Kita minta dinas terkait apakah masih mungkin jelang idul Adha petani panen bangan, kalau ada kita minta untuk memenuhi kebutuhan pasar,” tambahnya.

Sementara itu harga kebutuhan pokok lainnya, dikatakan Al Haris masih relatif stabil.“Kita harap tidak ada gejolak yang ditinggi jelang idul adha ini. Kita lihat harga masih relatif stabil lah, kecuali yang tiga itu (Cabe, bawang dan telur,” katanya. (mg1/aba)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: