Ritme Putin

Ritme Putin

Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Moskow, Kamis, 30 Juni 2022..-BPMI Setpres/Laily Rachev---

Oleh: Dahlan Iskan

Senin, 04 Juli 2022

VLADIMIR Putih berubah strategi. Kini Presiden Rusia itu tidak tampak terlalu emosi lagi. "Kita tidak kesusu harus segera mengakhiri perang," kata Putin Rabu lalu.

Hari itu ia berbicara di depan wartawan di Turkmenistan, salah satu negara pecahan Uni Soviet.

Para mantan Soviet itu memang rutin melakukan pertemuan tingkat tinggi. Terutama para mantan yang masih pro-Rusia.

Harian New York Times menggambarkan ''suasana kebatinan'' baru Putin itu dengan sangat baik. Putin digambarkan tidak lagi mudah emosi. Tidak seperti di awal perang. Kini ia lebih santai, tenang dan percaya diri. "Kita tidak tertarik lagi berbicara soal batas waktu," katanya.

Berarti perang ini akan menjadi perang yang santai. Putin tidak risau sama sekali mengenai jalannya perang yang pelan-pelan. Itu sudah sesuai dengan ritme yang ia inginkan.

Dengan santainya Putin menyampaikan rasa puasnya atas perkembangan di medan perang. "Pekerjaan kita berjalan lancar, mulus dengan irama yang teratur," ujar Putin.

Bayangkan, jalannya perang digambarkan seperti itu. Alangkah pe-de nya Putin.

Kalau benar bahwa perang di Ukraina masih akan berlangsung lama maka pertempuran di luar perang bisa lebih seru. Lambatnya jalannya perang itu akan jadi beban yang sangat berat bagi  Ukraina. Juga bagi negara seperti Sri Lanka. Pun bagi India. Dan negara berkembang lainnya.

Menurut NYT, biaya perang itu, di sisi Ukraina mencapai USD 5 miliar per bulan. Padahal negeri itu tidak punya lagi pendapatan. Ekspornya berhenti. Ekonominya hancur. Ukraina harus bersandar sepenuhnya pada bantuan Amerika dan Eropa. Juga sedikit dari Jepang dan Australia.

Bantuan itu lama-lama bisa susut. Yang membantu pun bisa lelah. Menlu Swedia Ann Linde mulai mengingatkan: lama-lama dukungan dari rakyat di negara kita masing-masing menurun. Itu akan merembet ke soal politik. Apalagi kalau inflasi terus tinggi dan harga-harga mengalami kenaikan.

Kenaikan harga tidak hanya di bensin. Juga di daging sapi, ayam, susu, dan sumber protein yang lainnya.

Daging sapi di Amerika naik 11  persen. Chicken wings naik 38  persen. Dada naik 24 persen. Chicken drumstick –saya pernah order chicken leg ternyata penjaga counter fast food di Amerika tidak mengerti– naik 12 persen. Dan hot dog ayam naik 15 persen.

Hanya daging babi yang naiknya hanya 5 persen. Sedang hasil pertanian seperti tomat dan avokad hanya naik sedikit.

"Anda bisa lihat di media. Kepentingan masyarakat menurun. Dampaknya akan pada opini publik. Lalu berdampak pula ke politisi seperti kita," kata Linde.

Waktu di Turkmenistan itu Putin tetap optimistis bisa mengalahkan Ukraina dan Barat. Ia juga masih punya keinginan untuk menjatuhkan pemimpin Ukraina itu: Zelenskyy. Bukan karena  Zelenskyy telah tega membantah klaim Presiden Jokowi soal ''pesan kepada Putin''. Seperti ditulis Kompas, Zelenskyy tidak punya pesan apa pun untuk disampaikan ke Putin. Presiden Jokowi memang menemui Zelenskyy di Kiev pekan lalu dan menemui Putin di Moskow keesokan harinya.

Di mata Putin, Zelenskyy hanyalah boneka Barat.

Apakah Barat akan terus membantu Ukraina? Tentu. Kadarnya yang tidak sama. Yang kelihatan masih solid adalah Amerika.

Setelah pertemuan NATO di Spanyol pekan lalu Presiden Joe Biden tidak khawatir kehilangan dukungan rakyat Amerika. Ia justru menyiapkan mental rakyatnya untuk lebih tahan bantingan.

"Kita harus siap dengan harga bensin yang tinggi lebih lama lagi," ujar Biden. "Sampai Ukraina memenangkan perang," tambahnya.

Biden mengakui bahwa kenaikan harga-harga ini akibat sanksi yang dijatuhkannya kepada Rusia.

Berapa lama harga tinggi itu bisa diterima oleh rakyat? "Selama masih harus tinggi," ujar Biden. "Rusia tidak boleh mengalahkan Ukraina dan negara-negara di belakang Ukraina," katanya. "Kita harus memperkuat NATO," tambahnya.

Perkuatan NATO itulah yang bikin Putin menyerang Ukraina. Itu dianggap ancaman nyata bagi Rusia. Apalagi kalau negara satu ranjangnya dulu, Ukraina, diterima sebagai anggota baru NATO.

Tentu banyak orang Amerika yang marah pada Biden. Harga BBM sekarang ini sudah di atas USD 5/galon. Lebih dua kali lipat dari masa pemerintahan Donald Trump. "Harusnya Biden membuat Amerika mandiri energi," ujar pengamat di sana. "Bukalah  semua tanah federal. Gali minyaknya," katanya.

Tapi Biden dikenal anti pengeboran minyak baru. Ia melancarkan perang terhadap penggunaan energi fosil. Amerika harus mengarah ke green energi. "Akhirilah perang pada sumber energi lama," kata yang anti Biden.

Presiden Ukraina sendiri, Zelenskyy, terus saja mengeluhkan kurangnya bantuan dari Barat. Baik logistik maupun peralatan perang.

Padahal Amerika telah membantu Ukraina USD 54 miliar. Hampir Rp 1.000 triliun. Sejak awal perang. Baru tiga bulan. Betapa besarnya kalau sampai satu tahun belum selesai.

Inggris berjanji menambah USD 1,2 miliar lagi: dalam bentuk peralatan perang. Angka-angka itu pada akhirnya akan dipersoalkan oleh rakyat masing-masing.

Apalagi Rusia kini mengatur ritme perang. Putin tidak lagi menggempur ibu kota Kiev. Sesekali saja Kiev dirudal –ketika G7 ber-KTT di Jerman. Lalu Odesa dirudal –ketika pimpinan NATO berkumpul di Spanyol.

Jadi jelaslah serangan-serangan baru itu bukan untuk mengejek Presiden Jokowi. Memang itu dilakukan sesaat setelah bertemu Presiden Indonesia. Tapi bukan. Serangan baru itu semata-mata untuk mengejek G7 dan NATO.

Selebihnya Rusia fokus menguasai bagian Timur Ukraina –mendorongnya untuk merdeka. Sesekali Rusia menarik diri dari satu titik medan perang. Untuk mengatur ritme. Juga untuk mengatur harga bensin dan inflasi di Amerika dan Eropa.(Dahlan Iskan)

Anda bisa menanggapi tulisan Dahlan Iskan dengan berkomentar http://disway.id/. Setiap hari Dahlan Iskan akan memilih langsung komentar terbaik untuk ditampilkan di Disway.

Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Tulisan Berjudul Anna Colin

Hendra Tanudjaja

Apakah balapan di Afrika Timur yang dimaksud P Dahlan adalah yang diselenggarakan UCI di Kigali Rwanda ? Setahu saya mengganti nama kontak, menghapus chat atau menyembunyikan hubungan kita sudah merupakan selingkuh yang katanya pelaku adalah selingkuh ringan. Kok bisa tahu kalau ringan apakah sudah ditimbang ?

 

DeniK

Selamat hari Ahad. Senjata yoga. Yoga sudah telanjur sohor sebagai salah satu cara menenangkan diri.ternyata tidak bisa memadamkan api cemburu. Dor.

 

Jimmy Marta

Yg di thailan nikmat nikmat. Diraba kenyal kenyul. Dicium semerbak parfum. Dijilat lidah goyang2. Sudah pasti cantik manis2. Itulah duren bangkok...

 

Jimmy Marta

Apakah kaitlin ini penganut paham konservatif?..Sepertinya sangat kolot di area pergaulan bebas. Hubungannya dg colin hanya teman, bukan 'miliknya'. Tidak ada ikatan apapun, tidak juga ada perjanjian. Teman berteman dg yg lain itu biasa. Tidur bersamapun dg teman itu juga biasa di amerika. Besar dugaan kaitlin penganut kesetiaan tunggal. Hal yg sulit dia dapatkan. Di negeri seperti thailand saja 56% pasangan mengaku pernah selingkuh dari pasangannya. Itu negeri peringkat satu dunia terbanyak selingkuh. Hasil survey durex. "Mencari kesetiaan itu seperti mencari jarum dalam tumpukan jerami".

 

Alon Masz Eh

Ada tembak2an karena rebutan pacar. Di Austin, Texas. Ada dar der dor karena rebutan rongsokan, di Sidoarjo. Heran kenapa ngga ditulis. Lebih dekat. Lebih menarik. Daripada baca sepotong-sepotong di portal berita. Untung saja tidak ada rebutan koran..... Ampun bah

 

Juve Zhang

Penembak sudah kalah semuanya sama Korban, kalah penampilan, kalah prestasi, kalah usia, kebih ke penyakit Jiwa, hidupnya akan berakhir seumur hidup di penjara, bukan rebutan cowok, jelas orang serba kalah akan puas bila bisa menghabisinya. Pecundang dalam hidupnya akan melihat yg sukses dengan perasaan benci. Ada yg di umpat di medsos, ini lebih "mendingan" yg ekstrim ya yg Nembak ini, kalah cantik, kalah prestasi, kalah usia, sudah di DoR saja beres, toh di penjara dapat makan gratis 3 kali se umur hidup wkwkwkwkwk.

 

WYG S2021

Unjuk Rasa, pembagian Buku kurang lancar he..he..he.....

 

Harun Sohar

Anda sudah tahu, di hari Minggu pun Disway terlalu indah untuk dilupakan terlalu sedap untuk tidak disantap. Ini berkat Empu Disway yang terkenal itu yang pasti anda sudah tahu pula siapa dia. Peristiwa cinta segitiga ini membuktikan bahwa negerinya Donald Trump tidak melulu mengenal cinta satu malam. Cinta karena cinta tak perlu ditanya apa alasannya. Jangankan harta nyawapun harus direnggut. Cinta itu sekali lagi terbukti adalah buta. Begitu butanya sehingga lidahpun tak mampu membedakan mana coklat mana tai kucing. Maka itu pecinta Disway akan kelimpungan bila tak membaca tulisan sang Empu Sakti yang anda sudah tahu itu. Hati-hati para pecinta Disway, jangan sampai nyawa terenggut karena membaca sambil nyetir mobil. Waspadalah!

 

mzarifin umarzain

yg komen kosong memboroskan pulsa. mengganggu pembaca. perlu diberi peringatan oleh admin. semoga Disway kian bermanfaat bagi semua.

 

Mbah Mars

Hubungan platonik itu mungkin kalau di sini TTM ya ? Teman Tapi Mesra. Bahasa Inggrisnya friends with benefits, kata bang Wiki. Disingkat FWB. Suatu hubungan antara dua orang yang tidak didasari oleh komitmen atau percintaan.

 

agus budiyanto

Wanita kalau sedang dibakar cemburu, dadanya panas, telur diletakan diatas dadanya bisa matang.

 

dabaik kuy

segitiga anna, kaitlin dan colin vs segitiga jokowi , putin & zelensky... rusia membantah ada negosiasi perdamaian dlm pembicaraan putin - jokowi.... ukraina juga membantah zelensky titip pesan utk putin. ukraina tegaskan zelensky akan langsung release pidato tanpa perlu org lain sbg proxy... ukraina menyatakan bahwa pembicaraan jokowi banyak bahas import gandum dr ukraina yg terhambat krn perang.... krn indonesia import gandum terbesar dr ukraina.... jd titipan pabrik mie sampai level presiden.... ngomongnya aja negoisasi perdamaian padahal negp import gandum utk pabrik mie... memalukan pernyataan mas joko dibantah resmi oleh rusia dan ukraina.... kebiasaan ngibul pencitraan dibawa ke level dunia

 

Lukman bin Saleh

Jangankan membunuh seorang manusia, membunuh manusia satu kota, bahkan 1 duniapun sy tdk heran. Jika alasannya krn cinta. Kita semua pernah muda, pernah jatuh cinta. Yg membuat kita bisa melakukan hal2 gila. Maka sy memaklumi apa yg d lakukan Kaitlin. Untuk itu. Bagi yg sdg terpuruk seperti Kaitlin. Ada baiknya mengingat mantra sakti berikut agar bisa bertahan. Agar tidak hancur krn kegilaan: "Cinta hanyalah perasaan yg berubah2 mengikuti waktu dan keadaan. Jika org yg sangat kamu cintai meninggalkanmu, bersabarlah menunggu sebentar. Biarlah waktu membersihkannya. Setelah mengendap, maka rasa pahit itu perlahan akan menghilang." Jadi, serahkan semuanya pada waktu. Kita tidak bisa berbuat apa2...

 

Ahmad Zuhri

Memang siapa sih anak Surabaya dan istrinya yg Unbound Gravel itu..

 

Lukman bin Saleh

Untuk komen yg menyusut. Sy masih curiga krn sulit login. Beberapa hari yg lalu sy coba login pake hp lain krn gak bawa hp. Trnyata susah, gagal terus...

 

ibul daful

Nantinya disway akan makin ditinggalkan pelan-pelan. Komen kini seratusan padahal dulu bisa 400-500. Sepi dan kurang seru. Tapi ya sudahlah, terserah pemiliknya, bebas. Iklan uakehe pol dadi males moco artikele.

 

JIM vsp

Yang anak Surabaya itu masih bisa ditanya, apakah pernah bertemu dengan mereka di arena gravel?

 

Arief Gunawan

Saya membaca Disway tidak terganggu banyaknya iklan, karena saya "fokus" tulisan Abah saja, sama sekali nggak nggagas iklan, mungkin yang pasang iklan jadi kuciwa

 

Sutikno tata

Nomor HP Anna sudah diberi nama "Budi Bakol Pedal" tapi kalau anak surabaya itu ntah dikasih nama "bakol pedal atau bakul sedel" hehehe. Bahaya LGBT ya begini.. sudah berapa banyak pasangan yang Allah jadikan contoh untuk diambil hikmahnya, tidak hanya diluar negeri didalam negeri juga.

 

Muin TV

Kaitlin ini menjalani hidup terlalu serius. Padahal dunia ini hanyalah senda gurau belaka. Ngapain dibuat serius. Santai aja ....

 

Atra kosmetik

Ketika bahas org US mungkin Faedahnya kita ndak nyampek. Tapi kalau bahas cold case kasus yg ada di Indonesia akan menarik walau korban org biasa saja. Contoh kasus yg Subang 1 Tahunan kemarin, atensi nasional udah gede, tapi karena korbannya org biasa, jadi cold case. Beda kalau yg jadi korban anak pejabat atau yg pernah jadi org/ artis. Kasus ini masih hangat dan melahirkan teori konspirasi dibunuh oleh org intelejen/org yg punya ilmu setara intelejen karena pelaku bisa menghilangkan jejak DNA pelaku. Jadi inget kasus Mbak Mirna juga, bukti waktu itu lemah dan polisi kesulitan mencari bukti yg nyata selain motif, dan agak dipaksakan menghukum terdakwa yg masih 90% bersalah. Paling tidak, tulisan disway hari ini bisa membuat kita plesbek ke kasus2 di negara +62. Maju Polri. Met hari Bhayangkara kemarin yaa.. Maaf lupa ngucapin di Disway

 

Jarod Dwi Harto

Saya komentator baru..tapi penikmat disway sejak duluu kala sejak ganti hati.. Tergelitik ikut komen gara gara ada yang komen soal iklan yang muncul, tapi ditempat saya kok ngga ada iklan ? Jebule karena saya pake browserr brave...yang anti iklan..

 

Jimmy Marta

Abah boleh nulis cerita romansa nya pebalap. Cinta segitiganya. Bagaimana pistolnya. Atau siapa nama samaran si wil di hp. Itu "batas" wilayah abah. Kalau tentang ajang balap nya, itu teritorial nya anak surabaya itu.... Hehehe.....

Sumber:

Berita Terkait