Pertamina Salurkan Bantuan Proklim Kota Jambi

Pertamina Salurkan Bantuan Proklim Kota Jambi

Pertamina Salurkan Bantuan Proklim Kota Jambi--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Guna mendorong kesadaran masyarakat dalam meningkatkan adaptasi dengan dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca, PT Pertamina Fuel Terminal (FT) Jambi memberikan dukungan dalam bentuk peralatan pengelolaan sampah dan pelanggaran merusak lingkungan dalam Program Kampung Iklim (Proklim) kepada Kelurahan Kasang dan Kelurahan Sejinjang pada Kamis (25/4).

Program Kampung Iklim (Proklim) tertuang pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan NOMOR P.84/MENLHK-SETJEN/KUM.1/11/2016 Tentang Program Kampung Iklim, yang merupakan program berligkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat pemangku kepentingan lain untuk melakukan adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca serta memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi prubahan iklim yang telah dilakukan yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Kegiatan yang dilaksanakan di wilayah Kelurahan Kasang Kecamatan Jambi Timur Kota Jambi dan Kelurahan Sejinjang Kecamatan Jambi Timur Kota Jambi ini dihadiri oleh Sugianto selaku Ketua RT 03 Kelurahan Kasang sebagai ketua kelompok Proklim Sehati dan Suryadi selaku Ketua RT 06 Kelurahan Sejinjang sebagai ketua kelompok Proklim Berseri.

Bantuan yang diserahkan disetiap masing-masing kelompok di Kelurahan Kasang dan Kelurahan Sejinjang adalah berupa alat komposting, plang biopori, tempat sampah, plang larangan membuang sampah, plang jalur evakuasi, plang assembly point, dan spanduk larangan membakar hutan, diberikan kepada masyarakat yang secara langsung diwakili oleh ketua di setiap kelompok.

Ketua RT 03 Kelurahan Kasang, Ketua Kelompok Proklim Sehati, Sugianto menyampaikan rasa terima kasih kepada Pertamina atas bantuan yang disalurkan guna membenahi lingkungan.

“Kami sangat berterima kasih kepada pihak Pertamina atas bantuan yang telah diberikan dalam memperbaiki lingkungan kami,” ujar Sugianto.

Fuel Terminal Manager Jambi, Agung Surendro mengatakan bantuan yang diberikan kepada kedua wilayah merupakan hal yang tepat mengingat wilayah tersebut mengalami perubahan iklim yang cukup sering.

“Dikarenakan wilayah Kelurahan Kasang dan Kelurahan Sejinjang sering mengalami dampak perubahan iklim dan belum dapat teratasi, misalnya banjir yang kemarin mengalami banyak kerugian. Maka dari itu kami membantu mendorong masyarakat dalam menguatkan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim tersebut,” tutur Agung.

Area Manager Communication, Relation & CSR Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan menegaskan bahwa Pertamina akan berupaya untuk selalu memberikan dukungan pada Program TJSL pada kegiatan Proklim ini dan berharap dapat membawa perubahan lebih baik dari masyarakat agar lebih mawas terhadap lingkungan.

“Pertamina sebagai perusahaan yang peduli  dan tanggap terhadap perubahan iklim, akan terus berupaya untuk terus mendukung dan mendampingi masyarakat dalam menjaga lingkungan hidup. Bersama-sama, kita bisa melawan krisis lingkungan demi masa depan yang lebih baik,” kata Nikho.

Kegiatan Proklim ini mendukung Penanganan Perubahan Iklim Pada Sustainable Development Goals (SDGs) dan akan terus berkomitmen dalam melaksanakan program yang didasari pada pendekatan adaptasi dan mitigasi pada aspek Environmental, Social, dan Governance (ESG) dengan mendukung Program Kampung Iklim.(uci/*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: