Wapres RI Ma'ruf Amin imami jenazah Tjahjo Kumolo

Wapres RI  Ma'ruf Amin imami jenazah Tjahjo Kumolo

Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin imami jenazah Tjahjo Kumolo di di Masjid Quba KemenPAN-RB. -intan afrida rafni-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin imami jenazah Tjahjo Kumolo di di Masjid Quba KemenPAN-RB Jumat 1 Juli 2022.

Setelah di salatkan, jenazah Menterian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo langsung dibawa ke Taman Makam Pahlawan Kalibata, Pancoran pukul 16.40, Jumat, 1 Juli 2022.

Dari pantauan disway.id dilokasi, sebelum dibawa ke TMP, terlebih dahulu dilakukan upacara persemayaman jenazah Tjahjo Kumolo. 

Usai acara upacara persemayaman, jenazah jenazah Tjahjo Kumolo langsung dibawa menuju ke TMP Kalibata, Jakarta Selatan.

Adapun prosesi pemakaman jenazah akan dilakukan secara militer dan Menteri Sekretariat Negara, Pratikno akan menjadi Irup saat di pemakaman. 

Para pejabat juga telah berangkat terlebih dahulu, disusul dengan jenazah beserta rombongan keluarga.

Adapaun pejabat tersebut antara lain Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, Menteri Polhukam, Mahfud MD, Menteri Bappenas, Suharso Monoarfa, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Kabasarnas, Marsda Henri Alfiandi, Gubernur DKI,  Jakarta Anies Baswedan dan Wamendes, Budi Arif. 

Saat keberangkatan, ada 7 mobil yang ikut mengiringi mobil jenazah ke Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Pancoran, Jakarya Selatan. 

Ketujuh mobil tersebut adalah kendaraan voorijder atau kendaraan pengawal, kendaraan genderang sangkakala, kendaraan pasukan penghormatan, kendaraan kereta jenazah, kendaraan inspektur upacara, kendaraan keluarag dan pelayat. 

Diketahui, Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada hari ini, Jumat, 1 Juli pukul 11.10 WIB.

Sebelumnya, Tjahjo Kumolo sempat menjalani perawatan intensif selama dua minggu yaitu sejak Juni 2022.

Selama masa perawatan, banyak pejabat yang datang untuk sekedar menjenguk almarhum, salah satunya Presiden Joko Widodo juga sempat menjenguk Tjahjo usai Rakernas PDIP pada 21 Juni 2022 yang lalu. 

Diberitakan sebelumnya bahwa jenazah Tjahjo Kumolo tiba di Komplek KemenPAN-RB pada pukul 16.05 WIB dengan mobil jenazah dari Komando Garnisun Tetap I serta pengawalan dari kepolisian.

Mobil jenazah langsung memasuki halaman Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) dan disambut oleh pihak dari KemenPAN-RB.

Sumber: