Karya Ilmiah Mahasiswi Farmasi FKIK UNJA Raih Juara 2 Nasional SWNODS 2022

Karya Ilmiah Mahasiswi Farmasi FKIK UNJA Raih Juara 2 Nasional SWNODS 2022

Nurunnisa Fitri Amalia--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Nurunnisa Fitri Amalia adalah Mahasiswi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Keperawatan (FKIK) Universitas Jambi (UNJA) Jurusan Farmasi berhasil meraih juara 2 pada Satya Wacana National Olympic Days (SWNODS) 2022, Bidang lomba Kimia. Kegiatan tersebut berlangsung pada 20 Juni 2022 diikuti Universitas yang ada di Indonesia.

Nurunnisa Fitri Amalia mengatakan, kegiatan Satya Wacana National Olympic Days (SWNODS) 2022 ini adalah Olimpiade Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi yang diadakan oleh Universitas Kristen Satya Wacana. Kegiatan tersebut dilaksankan dalam rangka mendorong peningkatan prestasi mahasiswa, kemampuan akademik, wawasan dan kecintaan mahasiswa terhadap bidang studi Matematika, Fisika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) serta peningkatan kualitas Perguruan Tinggi. “Saat itu saya mengirimkan 1 karya ilmiah yang berjudul `Penanganan limbah Obat Paracetamol Dengan Metode Fotolisis`, dan Alhamdulillah bisa lolos semua babak penyisihan,” ujarnya.

Ia menyebutkan, untuk tahap penyisihan lomba berdasarkan nilai ujian tertulis, kemudian untuk tahap final dari pembuatan karya ilmiah dan praktiknya. “Ada 3 tahapan yang pertama tahap olimpiade, tahap kedua pembuatan karya ilmiah dan presentasi, tahap ketiga praktikum pengambilan data. Alhamdulillah saya bisa menyesaikan semua tahap sampai memperoleh kesimpulan,” terang Nurunninsa Fitri.

Sementara itu, Dosen Pembimbing Yuliawati, S.Farm., M.Farm., Apt, menambahkan, Nurunnisa Fitri Amalia merupakan mahasiswa aktif yang telah banyak mememangkan lomba di bidang kimia. “Alhamdulillah Nisa ini sering juara di bidang kimia, walaupun belum ada yang nasional tapi kemarin di lomba SWNODS 2022 dia berhasil meraih juara 2 karena memang karya tulisnya cukup menarik dalam penangan limbah obat,” kata Yuliawati.

Selain itu, ia juga berpesan kepada mahasiswa lainnya untuk bisa ikut kompetisi/olimpiade baik itu ditingkat provinsi maupun tingkat Nasional. “Banyak mahasiswa kita yang mempunyai karya ilmiah yang bagus-bagus, tetapi kadang ada yang merasa kurang percaya diri maupun hal lainnya, dan saya selaku dosen selalu mendorong mahasiswa untuk terus memotivasi mereka,” pungkasnya. (*/kar)

Kunjungi : www.unja.ac.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: