Darham Raih Nilai A dalam Ujian Promosi Doktor FEB-Unja

Darham Raih Nilai A dalam Ujian Promosi Doktor FEB-Unja

Darham saat menyampaikan hasil disertasi--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Usia tidak mempengaruhi Darham yang merupakan mahasiswa Prodi Doktor Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi (FEB-Unja) menyelesaikan ujian promosi doktor. Terbukti diusia yang ke-61 tahun, Darham berhasil meraih nilai A dalam ujian tersebut. Ketua Sidang yang juga Dekan FEB Unja Dr. H. Junaidi , S.E.,M.Si, Sekretaris Dr. H. Zamzami, S.E.,M.Si, Penguji Bidang Konsentrasi Eksternal yang merupakan Guru Besar Universitas Negeri Padang (UNP) Prof. Dr. H. Yasri, S.E.,M.S, Promotor Prof. Dr. Johannes, S.E.,M.S, Co Promotor Dr. Drs. Edward, M.S, Co Promotor Dr. Drs. Syahmardi Yacob, MBA, Penguji Prof. Dr. H. Syamsurijal Tan, S.E.,M.A dan Penguji Dr. Shofia Amin.,M.S. Dikonfirmasi usai ujian promosi Darham mengatakan, disertasi yang diangkatnya adalah Pengaruh Koordinasi terhadap Kinerja Organisasi, melalui Motivasi Pelayanan Publik dan komitmen Organisasi sebagai Variabel Intervening di Pemkab bungo.

Foto bersama Darham, Ketua Sidang, Sekretaris, Penguji Eksternal, Promotor, para Co Promotor dan para Penguji

“Saya mengangkat tema ini karena kinerja Pemkab bungo itu bukannya lemah, tapi belum maksimal, jadi menurut fikiran saya, mereka (Pemkab bungo, red)masih bisa meningkatkan kinerjanya, kalau diurutkan dengan nilai, yang missal sekarang B masih bisa ditingkatkan menjadi A atau AA. Jadi ketidakmaksimlan kinerja tersebut sangat dipengaruhi oleh system koordinasi dan motivasi pelayanan pubil serta komitmen organsiasi,” kata Darham kemarin (21/6).

Sementara, Ketua Sidang yang juga Dekan FEB Unja Dr. H. Junaidi , S.E.,M.Si mengatakan, Disertasi promovendus mengenai factor yang mempengaruhi kinerja kebijakan pemerintah daerah.

Foto bersama Darham dan keluarga, Ketua Sidang, Sekretaris, Penguji Eksternal, Promotor, para Co Promotor dan para Penguji

“Pemda bisa mengambil berbagai poin untuk dapat meningkatkan kinerja pemda tersebut,” terang Ketua Sidang yang juga Dekan FEB Unja Dr. H. Junaidi , S.E.,M.Si.

Penguji Prof. Dr. H. Syamsurijal Tan, S.E.,M.A menambahkan, tema yang diangkat promovendus berhubungan dengan pengaruh koordinasi. Dari koordinasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap organisasinya. Namun terdapat variabel yaitu  motivasi dan komitmen.

“Motivasi publik dan komitmen merupakan variable yang mempengaruhi dari kinerja organisasi, menariknya komitmen tidak berpengaruh signifikan kinerja baik langsung maupun tidak langsung,” papar Penguji Prof. H. Syamsurijal Tan, S.E.,M.A.

Dari disertasi ini, sambungnya bagaimana memperbaiki motivasi publik secara baik lagi, yang dilihat dari jenisnya agar pelayanan yang tdainya dinilai B, bisa ditingkatkan menjadi nilai A.

“Komponen berjalan baik, kemudian komitmen individu, organsiasi dan pelayanan publik betul-betul menjadi orientasi pelayanan kedepan, jadi disertasi ini cukup menraik untuk dikembangkan dalam mebantu kinerja pemda,” tandasnya.

Sumber: