121 Calon Haji di Kerinci Dilepas Bupati Adirozal dan Kepala Kemenag Pahrizal

121 Calon Haji di Kerinci Dilepas Bupati Adirozal dan Kepala Kemenag Pahrizal

--

KERINCI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Sebanyak 121 calon haji Kabupaten Kerinci dilepas bupati Adirozal bersama Kepala Memenag Kerinci Pahrizal Zain yang bertempat di aula kantor Bupati, Selasa (21/06/2022). Keberangkatan calon haji Kabupaten Kerinci tahun 2022 ini merupakan perdana sejak pandemi Covid-19.

Dalam kesempatan itu, Adirozal berpesan agar jemaah calon haji selalu menjaga kebugaran fisik, termasuk menghindari penularan Covid-19.

Menurut Adirozal, ibadah haji adalah ibadah fisik dan juga mental, sehingga diperlukan kesiapan fisik yang baik terutama saat prosesi thawaf, sa’i dan melontar jumrah.

''Faktor cuaca yaitu perbedaan suhu yang cukup ekstrim harus bapak, ibu antisipasi, terlebih saat ini di Arab Saudi suhunya bisa mencapai 44 sampai 50 derajat celsius,” kata Bupati

Beberapa hal mendasar yang perlu disiapkan, lanjut lanjut Adirozal, sikap ikhlas, bahwa menunaikan ibadah haji hanya semata melaksanakan perintah Allah dan mengharapkan ridho-Nya.

''Hindarkan diri dari perasaan riya, ingin dipuji, takabur, sombong, merasa hebat serta sifat-sifat buruk lainnya,''ujarnya.

Ditambahkannya, perlu juga kesabaran, di mana berkumpulnya jutaan jemaah calon haji dengan berbagai sifat, tabiat, dan kebiasaan yang berbeda.

Tak hanya itu, dirinya juga mengingatkan kepada calon jemaah haji untuk saling tolong menolong.

“Seringkali dijumpai keadaan seorang jemaah memerlukan bantuan atau pertolongan, maka lakukan pertolongan segera, jangan ragu memberikan bantuan,” ujarnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kerinci Fahrizal Zein menjelaskan, 121 calon jemaah haji Kabupaten ini masuk dalam satu kloter yang bergabung dengan jemaah calon haji dari Kota Sungai Penuh, Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Tanjung Jabung Barat.

"Jemaah kita akan berangkat pada Kamis 23 Juni sore, dengan pusat lokasi berkumpul di kantor layanan terpadu haji di Sebukar, dengan jadwal keberangkatan jam 16.00 wib," tutupnya.(hdp)

Sumber: