Menonton Nagabonar di Tengah Gonjang Ganjing Industri Sawit

Menonton Nagabonar di Tengah Gonjang Ganjing Industri Sawit

--

Sebagai petani sawit hidup Nagabonar tampak sangat berkecukupan. Bonaga dapat mengenyam pendidikan yang sangat baik, tumbuh menjadi pemuda modern lulusan perguruan tinggi di Jerman. Tidak seperti sang bapak, Nagabonar yang diperankan Deddy Mizwar. Membaca saja ia tidak bisa.

Bisnis sang putra di Jakarta pun sukses. Nagabonar tetap tinggal di Medan mengurus kebun sawit di mana pada salah satu lahannya terbaring jasad orang-orang yang sangat ia cintai: emak, istri yang bernama Kirana, dan Bujang yang tewas tertembak peluru saat nekat menyerang markas musuh.

Seperti apa bentuk protesnya terhadap pelarangan ekspor CPO, saya tak kuasa mereka-reka. Saya bukan penulis skenario film yang sukses meraih banyak penghargaan itu. Bukan pula produser atau sutradara tontonan yang kini sudah mencapai sekuel ketiga. Sekuel ketiga dengan judul “Naga Naga Naga” tayang mulai 16 Juni 2022, sekitar tiga bulan setelah kebijakan pelarangan ekspor CPO diterbitkan. 

Mungkin juga, Nagabonar sama sekali tak mengajukan keberatan soal pelarangan ekspor minyak sawit, kisahnya sangat tergantung skenario dan sutradara.

Meskipun demikian, di dunia nyata protes terhadap kebijakan pelarangan ekspor CPO memang benar-benar terjadi. Sebagian besar disuarakan para petani sawit. Di Indonesia, jumlah masyarakat yang menggantungkan hidup dari perkebunan kelapa sawit makin signifikan. Ini menandakan masyarakat yakin dan merasakan dampak positif kelapa sawit yang sangat menguntungkan. 

Data Kementerian Pertanian menggambarkan bahwa tutupan perkebunan kelapa sawit Indonesia mencapai 16,38 juta ha. Dari luasan itu, sekitar 6,7 juta ha adalah kebun kelapa sawit yang dikelola masyarakat. Dari sisi komposisi kepemilikan, sekitar 42% perkebunan kelapa sawit, pemiliknya adalah masyarakat petani. Sisanya, milik korporasi. Dari tahun ke tahun jumlah petani sawit pun terus meningkat.

Setidaknya ada Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) menggelar unjuk rasa di Jakarta. Mereka datang dari daerah-daerah penghasil sawit. Sambil menyuarakan pendapat di hadapan pengambil kebijakan pemerintah, para petani sawit bahkan membawa tandan buah sawit dan berharap kebijakan tersebut dievaluasi. Bila pelarangan ekspor CPO terus berlanjut, pabrik-pabrik tak mau membeli hasil panen petani sawit. Buah-buah sawit akan lebih baik dibiarkan membusuk di pohon.

Padahal, sebagaimana diungkapkan para pakar, peluang industri kelapa sawit nasional sangat luar biasa. Daya saingnya dibanding minyak nabati lainnya kian tak tertandingi. Produknya tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan pangan. Kandungannya juga dapat digunakan sebagai energi terbarukan. Perang Rusia – Ukraina menambah tinggi tingkat permintaan CPO di pasar global. Itu berarti, harga CPO bakal kian meroket.  

Sebagai orang jaman dulu yang tak mengenyam bangku sekolah, mantan copet yang kemudian dinobatkan sebagai jenderal ini mungkin juga tak paham bagaimana rumitnya mengelola negara. Nagabonar mungkin sungguh-sungguh tak mengerti bagaimana bisa negara penghasil minyak sawit terbesar di dunia tapi warga negaranya justru dikabarkan mengalami kesulitan membeli minyak goreng. Kalaupun ada, harganya melonjak berkali-kali lipat.

Tidak hanya di dalam negeri. Negara-negara yang biasa mengimpor pun sempat bereaksi. Diperkirakan, pemerintah kehilangan penerimaan negara dan pungutan ekspor hingga Rp 13 per triliun per bulan. Pada satu titik, kebijakan ini juga dapat berimbas ke pelemahan nilai tukar rupiah. Sebab, sekitar 12% dari total ekspor nonmigas nasional bersumber dari pengapalan CPO.

Tak berapa lama setelah protes itu menyeruak, pemerintah mencabut kebijakan tersebut. Meskipun ekspor CPO diijinkan kembali, keadaannya masih belum normal seratus persen. Di bidang komunikasi, citra industri ini pun perlu dibangun lagi dan terus ditata agar senantiasa baik sehingga muncul dukungan yang solid dari semua pihak agar kelapa sawit menjadi komoditas yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Naga Naga Naga

Sekuel ketiga film ini baru dapat ditonton publik mulai 16 Juni 2022. Sangat menarik dan menghibur. Kolaborasi Citra Sinema dan MD Pictures ini menyuguhkan tontonan yang bermutu. Memang, isinya tidak spesifik mengangkat tema kelapa sawit. Tetapi atribut itu tetap melekat pada perjalanan keluarga Nagabonar yang dikisahkan sudah dikaruniai seorang cucu perempuan usia belasan bernama Monaga hasil pernikahan Bonaga dan Monita. 

Visualisasi kebun kelapa sawit terlihat di scene awal. Di sela hamparan hijau pohon-pohon kelapa sawit yang tertanam di atas lahan dengan kontur berbukit-bukit, tampak pematang sawah, bunga-bunga indah warna-warni, dan anak-anak yang ceria memanfaatkan lahan untuk bermain sepak bola. Begitu juga rumah panggung dari bahan kayu yang ditempati Nagabonar sehari-hari. Tampak asri dan menyatu dengan alam.

“Opungnya itu harusnya di Medan sana, ngurusin kebon sawit, bukan ngurusin anak kita!” kata Monita yang diperankan Wulan Guritno dengan nada kesal kepada Bonaga, yang tetap diperankan Tora Sudiro. Secara verbal, kelapa sawit tampak pada dialog kedua tokoh ini. Keduanya adalah menantu dan anak Nagabonar yang resah membayangkan masalah pendidikan Monaga, anak perempuan mereka yang diperankan Cut Beby Tshabina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: