Jerman Naksir Batu Bara Indonesia, Minta Suplay 150 Juta Ton

Jerman Naksir Batu Bara Indonesia, Minta Suplay 150 Juta Ton

Batu bara Indonesia kini diincar oleh banyak negara--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Kabar baik dari Kementrian ESDM, katanya Jerman baru saja meminta Indonesia memasok batu bara dalam jumlah tak main-main, 150 juta ton.

 

Hal ini diketahui setelah Menteri ESDM Arifin Tasrif melakukan lawatannya ke Jerman dua minggu lalu. Jerman menyatakan langsung ketertarikannya ini.

 

Indonesia ketiban hoki terkait dengan langkah Uni Eropa yang telah menjatuhkan sanksi terhadap batu bara dari Rusia menyusul perangnya dengan Ukraina.

 

Dirjen Mineral dan Batubara (Minerba) Kementerian ESDM Ridwan Djamaluddin mengatakan, “Yang saya dengar, belum terkonfirmasi langsung, 150 juta ton, itu Jerman yang bilang segitu," kata Ridwan dikutip dari CNBC Indonesia, Kamis (16/6/2022).

 

Ridwan cukup optimistis Indonesia akan sanggup memenuhi pasokan, sumber batu bara yang berasal dari perusahaan-perusahaan di Indonesia masih cukup besar."Termasuk PT Bukit Asam Tbk.) dan lain-lain masih cukup kita," ujar Ridwan.

 

Tak hanya Jerman, batu bara Indonesia kini juga incaran banyak negara lain seperti India yang sedang butuh-butuh banyak batubara karena sedang terjadi gelombang panas sehingga kebutuhan listrik meningkat. Selain itu juga ada negara Polandia dan negara Eropa lainnya. (dpc)

 

 

 

Sumber: