Belum Ada Kasus di Muaro Jambi, Waspadai Omicron Varian BA4 dan BA5

Belum Ada Kasus di Muaro Jambi, Waspadai Omicron Varian BA4 dan BA5

Ilustrasi Omicron subvarian BA.4 dan BA.5. Menkes Budi Gunadi Sadikin memperkirakan puncak asus subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 akan terjadi pada Juli mendatang. Foto: Jp/Gavi--

SENGETI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Dinas kesehatan Kabupaten Muaro Jambi meminta masyarakat untuk kembali menerapkan protokol kesehatan.

Pasalnya, virus Corona varian omicron BA4 dan BA5 sudah masuk Indonesia. Tak menutup kemungkinan virus tersebut juga akan menyebar di Provinsi Jambi, termasuk Muaro Jambi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muaro Jambi Afifudin menyebut, meski saat ini di Jambi memang belum ada dilaporkan adanya kasus ini, namun demikian, semuanya harus waspada.

Untuk itu, dirinya meminta kepada masyarakat Jambi khususnya Kabupaten Muaro Jambi untuk kembali menerapkan protokol kesehatan. "Kita berharap masyarakat mengetatkan protokol kesehatan," kata Afifudin, Jumat (17/6).

Selain menerapkan protokol kesehatan, kata Afif, dirinya juga meminta kepada masyarakat untuk melakukan vaksinasi boster, hal itu untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan virus.

Sementara itu, Afifudin menyebut jika keluhannya hampir sama dengan keluhan jika tertular virus varian sebelumnya, hanya saja dalam PCR ada spesifikasi khusus sehingga dikategorikan varian BA4 dan BA5.

Namun merujuk dari informasi yang disampaikan Kemenkes, virus varian baru ini lebih cepat menular dibandingkan dengan varian sebelumnya, namun masyarakat tak perlu khawatir sebab tingkat keparahan tidak seberat varian sebelumnya.

"Intinya kita harus tetap waspada dan menerapkan protokol kesehatan," tukasnya. (wan) 

Sumber: