Kegiatan kolaboratif UIN STS Jambi-MSU Amerika Berjalan dengan Pesat

Kegiatan kolaboratif UIN STS Jambi-MSU Amerika Berjalan dengan Pesat

--

 

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Sebagai tindak lanjut kerjasama antara Michigan State University (MSU), Amerika Serikat dan UIN STS Jambi; MSU mengundang tiga dosen: Dion Ginanto, Mufdil Tuhri, dan Aisha Puteri untuk menjadi Narasumber pada kegiatan AIFIS-MSU Conference yang akan dilaksanakan secara daring pada tanggl 24 Juni 2022, dengan format Roundtable discussion.

Suatu kebanggaan tersendiri, karena MSU telah menggandeng UIN Jambi sebagai partner kampus untuk diperkenalkan ke dunia luas dalam format COIL (“Collaborative Online International Learning”). Kegiatan ini untuk mendiskusikan praktek baik dalam mengadakan kelas bersama secara online, dan untuk berbagi pengalaman dalam merancang kelas dari dua kampus berbeda secara online.

Panelis/pemateri dalam konferensi ini adalah dari empat negara: Indonesia (UIN STS Jambi, Atmajaya University), Jepang (Kyoto University), China (Guang Long Pang), dan Amerika (Michigan State University).

Kegiatan ini tentu menjadi penyemangat bagi UIN STS Jambi yang akan membuka kelas kolaborasi Internasional pada mata kuliah “Indonesia and Malay Civilization” pada bulan Agustus nanti.

Berikut adalah gambaran topik yang akan dibawakan pada Roundatble Discussion, AIFIS-MSU:

 

Presenters from the Templeton Religion Trust project at MSU and the Islamic State University of Jambi will share current plans to COIL a course on Science, Art and Faith: Architectural Heritage and Islam—the educational component of a grant that examines the material legacy of Islamic architecture, bringing particular attention to the interreligious dimensions of the architecture and their respective multi-faith historical contexts. The course’s collaborative learning component seeks to engage students in Michigan and Jambi through shared learning about mosques in Indonesia.

Pemateri dari Templeton Religion Trust Project MSU dan UIN Jambi akan berbagi rencana pembukaan kelas bersama COIL (Collaborative Online International Learning) pada bidang Sains, Seni, dan Kepercayaan: Warisan Arsitektur dan Islam — komponen pendidikan dari dana hibah yang mengkaji warisan material arsitektur Islam, memberikan perhatian khusus pada dimensi arsitektur antaragama dan konteks sejarah multi-agama masing-masing. Komponen pembelajaran kolaboratif mata kuliah ini berupaya melibatkan siswa di Michigan dan Jambi melalui pembelajaran bersama tentang masjid-masjid di Indonesia.

Rektor UIN STS Jambi mengapresiasi kegiatan ini, dan berharap agar perwakilan dari UIN STS Jambi dapat mengenalkan Islam dan Melayu di Jambi melalui arsitektur-arsitekrur Masjid-masjid di Jambi. Selain itu Prof. Dr. Su’adi, MA., Ph.D berharap agar ilmu-ilmu dan praktik baik dari kampus luar negeri yang telah menjalalankan kelas internasional bersama dapat diserap sebanyak-banyaknya sehingga dapat dikembangkan di UIN STS Jambi. (uci/*)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: