Bakal Dievaluasi Setiap Tahun, Kepsek Lingkup Pemprov yang Baru Dilantik

Bakal Dievaluasi Setiap Tahun, Kepsek Lingkup Pemprov yang Baru Dilantik

--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Pasca pelantikan 263 Kepala Sekolah Kewenangan Pemerintah Provinsi Jambi, Gubernur Jambi Al Haris menyatakan pejabat baru tersebut akan dievaluasi setiap satu tahunan.

“Mereka tetap kita awasi dan kita lakukan penilaian setiap tahunnya. Sehingga program pendidikan tetap berjalan maksimal,” ucap gubernur.

Gubernur menjelaskan dalam pelantikan beberapa waktu lalu terdapat 155 orang Kepala SMAN, 95 orang Kepala SMKN, dan 13 orang kepala SLB.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Varial Adhi Putra menambahkan, perombakan kepala sekolah hasil pemetaan ini dilakukannya karena Gubernur ingin memajukan SDM Jambi ke depan menjadi berkualitas. “Jadi kepala sekolah harus segera bekerja untuk tingkatkan mutu pendidikan kita,” akunya.

Dari total kepala sekolah yang dilantik tersebut, Varial Adhi mengatakan ada empat sekolah penggerak yang dilantik. “Kepala sekolah penggerak ada yang kita lantik, tapi memang tidak banyak,” sebutnya.

Dia menyebutkan, untuk jabatan kepala sekolah penggerak memang ada aturan dari pemerintah pusat terkait lama masa jabatan. Namun, kata Varial, hal itu hanya sekedar imbauan. Pasalnya, jika kepala sekolah tersebut tak bagus harus memang diganti.

“Nantinya bisa komunikasikan lagi dengan pemerintah pusat, kalau memang kepala sekolah tersebut tak bagus, kenapa tidak diganti. Karena ini berdasarkan dengan asessment kepala sekolah yang dilakukan beberapa waktu lalu,” ungkapnya.

Sebelumnya, pada proses pemetaan kepala sekolah setidaknya ada 350 orang peserta yang ikut. Sedangkan untuk jumlah sekolah SMA, SMK, dan SLB se Provinsi Jambi terdapat 278 sekolah. Adapun tahapan yang diikuti para peserta antara lain seperti pembuatan makalah, wawancara, dan pengecekan sekolah. (aba)

Sumber: