Korelasi Pengetahuan dan Minat Masyarakat Terhadap Vaksin Covid-19 di Merangin

Korelasi Pengetahuan dan Minat Masyarakat Terhadap Vaksin Covid-19 di Merangin

Tia Meilita mahasiswi STIKES Harapan Ibu Jambi--

Oleh: Tia Meilita mahasiswi STIKES Harapan Ibu Jambi

JAMBIEKSPRES.CO.ID- Vaksin dapat mengurangi transmisi atau penularan COVID-19, mengurangi angka kesakitan dan kematian akibat COVID-19, mencapai kekebalan kelompok di masyarakat (herd imunity) dan melindungi masyarakat dari COVID-19 agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengetahuan dan minat masyarakat terhadap vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Merangin dan korelasinya. Metode penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan pendekatan Cross sectional. Adapun teknik pengumpulan data korelasi pengetahuan dan minat masyarakat terhadap vaksinasi COVID-19 menggunakan kuesioner dengan bentuk google form yang di sebarluaskan melalui media sosial dengan target 423 responden.

Hasil yang didapat yaitu berdasarkan distribusi pengetahuan COVID-19 diperoleh tingkat pengetahuan masyarakat masuk kedalam kategori sedang (57%), dan distribusi minat vaksinasi COVID-19 diperoleh tingkat Minat masyarakat masuk kedalam kategori Cukup Berminat (65%). Uji korelasi dengan teknik Rank Spearmen yang dilakukan dapat diperoleh bahwa pengetahuan dengan minat memiliki korelasi dengan derajat hubungan yaitu sangat rendah dan bentuk hubungannya adalah negatif.

   Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian yang didapat untuk pengetahuan masyarakat terhadap vaksin  COVID-19 di Kabupaten Merangin diperoleh kategori sedang, sedangan minat diperoleh hasil cukup berminat. Hubungan pengetahuan terhadap minat vaksin COVID-19 adalah sangat rendah dan negatif. Yang artinya semakin tinggi pengetahuan maka semakin rendah minat. (*)

 

Sumber: