Anda Pemimpin atau Pimpinan?

Anda Pemimpin atau Pimpinan?

Angga Setiawan Rahardi --

(Belum Mampu Berjalan, Sudah Ingin Berlari)

Oleh: Angga Setiawan Rahardi 

Hai, salam kenal warga sipil, gue Angga, ASN biasa dengan jabatan eselon terendah. Saat ini gue semakin resah dengan kepemimpinan yang ada di lingkungan ASN. Gue nggak berharap kalian setuju dengan tulisan ini, tapi gue berharap dari tulisan gue ini, bisa membuat lu semua yang baca ikutan “terjerumus”  dalam keresahan yang selama ini gue rasakan.


yamaha--

Kalau kalian berharap mendapatkan bacaan yang menggunakan bahasa akademis dengan sarat ilmiah yang terkesan “sok” pintar berdasarkan kaedah penulisan yang baik dan benar, gue pastiin kalian bakal kecewa.

Ngomongin soal kepemimpinan, udah terlalu banyak teori yang bisa kita pelajari dari berbagai sumber. Kalian bisa cari dari buku, artikel, makalah, bahkan kalau kalian rajin buka youtube, kalian bakal nemuin ribuan, ratusan ribu, bahkan mungkin jutaan video-video motivasi yang bertemakan kepemimpinan.

Gue bukan orang yang suka nonton video motivasi, karena menurut gue ketika seorang motivator memberikan motivasi dan mendapatkan bayaran maka dia bukanlah seorang motivator, melainkan hanya seorang pesulap yang berusaha menghipnotis orang-orang dengan kata-kata manisnya seolah-olah semua orang bisa melakukan apa yang dia katakan.

Guys, kadang kita terlalu fokus untuk menjadi seorang pemimpin yang baik, yang dicintai bawahan, yang mampu menjalankan program, mampu membentuk orang lain menjadi seorang pemimpin di masa depan, tapi kita sendiri lupa kalau ilmu dasar dari kepemimpinan itu mengenal dan memimpin diri sendiri. Gue analogikan begini, ketika kita belajar untuk memimpin orang lain sementara kita nggak mengenal dan belum mampu memimpin diri sendiri, maka kita seperti layaknya seorang “bayi” yang belum mampu berjalan, namun memaksakan diri untuk belajar berlari.

 

“KNOWING YOUR SELF IS

THE BEGINING OF WISDOM”

Seorang Kaisar Besar dari Negeri Romawi Kuno yang termasuk ke dalam daftar “Five Good Emperors of The Roman Empire” bernama Marcus Aurellius pernah berkata “mengenal diri sendiri adalah awal dari kebijaksanaan”. Manusia merupakan mikrokosmos alam semesta atau unsur terkecil dari alam semesta yang artinya semua unsur yang terkandung di alam semesta, terkandung pula di dalam tubuh manusia seperti besi, tanah, air, udara, listrik, dan lain-lain. Setiap manusia memiliki keterikatan, sehingga ketika kita telah mampu mengenal diri kita sendiri, mampu menemukan arti hidup kita sebagai manusia, maka kita akan memiliki tujuan dan akan lebih mengerti tentang orang lain.

Gue bukan seorang pemimpin hebat yang patut dicontoh dan dijadikan panutan, tapi gue hanya orang yang merasa resah dengan sosok-sosok pemimpin di lingkungan kerja gue khususnya dan di dunia ASN umumnya.

Pimpinan dan pemimpin itu dua hal yang sangat jauh berbeda namun sering sekali kita samakan. Pimpinan adalah orang yang dipilih dan ditetapkan berdasarkan suatu prosedur, entah itu dipilih berdasarkan “kedekatan” atau prestasi, pangkat dan senioritas. Tapi pemimpin adalah orang yang mengenal bagaimana karakter dirinya sendiri yang mampu menetapkan program, menjalankan program, serta membentuk orang lain menjadi seorang pemimpin.

Sumber: