Fabio Quartararo Jawara di Catalunya, Aleix Espargaro Gagal Podium

Fabio Quartararo Jawara di Catalunya, Aleix Espargaro  Gagal Podium

BARCELONA, JAMBIEKSPRES.CO.IDFabio Quartararo, pembalap asal Prancis dari Monster Yamaha menjadi yang tercepat di MotoGP Catalunya 2022, Minggu (5/6) malam WIB.

Jagoan pabrikan Yamaha itu finis terdepan pada balapan di Sirkuit Catalunya, dengan catatan waktu 40 menit 29.360 detik.

Rival Quartararo di klasemen sementara pembalap Aleix Espargaro dari Aprilia Racing Team gagal naik podium setelah melakukan kesalahan fatal pada lap terakhir.

Posisi kedua dan ketiga pun jadi milik duo Pramac Ducati, Jorge Martin dan Johann Zarco. Balapan MotoGP Catalunya 2022 sendiri langsung diwarnai drama di awal balapan.

Francesco Bagnaia, Alex Rins, dan Takaaki Nakagami mengalami kecelakaan di tikungan pertama.

Di dalam tayangan ulang terlihat Nakagami terjatuh dan menyapu Alex Rins serta Bagnaia.

Sementara itu Quartararo memimpin balapan. Dibuntuti Aleix Espargaro, Jorge Martin dan Johann Zarco.

Tapi Quartararo nyaris tanpa perlawanan, juara dunia MotoGP 2021 itu terus menjauh meninggalkan Aleix, Martin dan Zarco yang berebut posisi kedua dan ketiga.

Drama kembali terjadi pada lap terakhir. Aleix Espargaro yang sudah berada di posisi kedua tiba-tiba menurunkan laju kecepatan motornya setelah melewati garis finis.

Padahal balapan belum rampung. Ia tampak melakukan selebrasi karena merasa dirinya naik podium.

Tak berselang lama, rider asal Spanyol itu menyadari bahwa balapan belum usai.

Ia pun memacu kembali motornya dan harus puas finis kelima. Kejadian ini dianggap sebagai blunder paling fatal nan memalukan sepanjang sejarah MotoGP.

Usai balapan, Aleix Espargaro tampak sangat menyesali blunder yang dilakukannya, selebrasi sebelum balapan usai. (fat/pojoksatu)

Hasil MotoGP Catalunya 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: