PPDB Tahun Ini, MTS Negeri 2 Kota Jambi Dilakukan Secara CAT

PPDB Tahun Ini, MTS Negeri 2 Kota Jambi Dilakukan Secara CAT

Simulasi PPDB melalui CAT di MTS Negeri 2 Kota Jambi--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yang dilakukan secara manual. Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2022 ini, MTS Negeri 2 Kota Jambi akan melaksanakan PPDB secara CAT atau online. Kepala Madrasah (Kamad) MTS Negeri 2 Kota Jambi, Drs. Ahmad Syukri dikonfirmasi diruang kerjanya mengatakan, sistem CAT bagi calon siswa dilakukan menggunakan andorid milik calon siswa dan dilaksanakan di MTS Negeri 2 Kota Jambi.

"Hasil CAT ini bisa dipantau langsung dilayar yang telah disediakan panitia penyelenggara, dan link MTS Negeri 2 Kota Jambi yang juga bisa diakses diponsel orang tua siswa. Sehingga setelah selesai kegiatan ini, seluruh calon siswa yang telah menyelesaikan ujian beserta jawabannya, maka akan kita lakukan langsung perankingan, sehingga anak-anak yang masuk dalam kuota ranking langsung diatayangkan dan disaksikan calon siswa dan orang tua," kata Kamad MTS Negeri 2 Kota Jambi, Drs. Ahmad Syukri kemarin (3/6).

Dikatakannya, adapun tujuan pelaksanaan CAT oleh MTS Negeri 2 Kota Jambi ini adalah untuk menjaga transparansi dan kemurnian pihaknya ingin mendapatkan siswa yang lebih berkualitas, sehingga diharapkan MTS Negeri 2 Kota Jambi mampu bersaing dengan madarasah dan sekolah umum lainnya di Provinsi Jambi.

"Dan pada akhirnya MTS Negeri 2 Kota Jambi menjadi madarasah yang mandiri dan berprestasi, hebat serta bermartabat," jelasnya.

Selain PPDB dalam bentuk CAT, sebelumnya MTS Negeri 2 Kota Jambi juga telah melakukan penerimaan secara offline dari jalur prestasi 5 persen, lingkungan 10 persen, dan bagi jalur miskin 15 persen. Sehingga yang tersisa sebanyak 70 persen yang diperebutkan melalui CAT.

"Dalam CAT kami akan menyiapkan soal dalam bentuk pilihan ganda. Tahun ini kami menerima siswa baru sebanyak 352 orang, terdiri dari sebelas rombel, tiap rombelnya 32 siswa. Untuk 30 persen telah kita dapatkan melalui jalur prestasi, lingkungan dan jalur miskin," paparnya.

Terpisah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Jambi, H. Abd. Rahman, S.Ag.,M.Pd.I mengungkapkan, pihaknya siap mendukung pelaksanaan PPDB melalui CAT oleh MTS Negeri 2 Kota Jambu, selama bernilai positif dan utk kemajuan madrasah.

"Selama itu untuk kemajuan madrasah kedepannya kenapa tidak," tandas Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Jambi, H. Abd. Rahman, S.Ag.,M.Pd.I.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: