Unja Gelar Seminar Nasional dan MoU-MoA Dengan 4 Lembaga

Unja Gelar Seminar Nasional dan MoU-MoA Dengan 4 Lembaga

--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Prodi Ekonomi Pembangunan Universitas Jambi (Unja) melaksanakan Seminar Nasional Kebijakan Keuangan Berkelanjutan Dalam Rangka Pembangunan Hijau Di Provinsi Jambi di Aula Rektorat Lantai III, Senin 30 Mei 2022. Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi kerja sama dari Prodi Ekonomi Pembangunan FEB UNJA, Universitas Jambi, LPPM UNJA, TuK INDONESIA, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia Jambi, dan LPPM IPB.

Seminar dihadiri oleh Kepala Bappeda Provinsi Jambi, Ir. Agus Sunaryo yang mewakili Gubernur Jambi; Wakil Rektor Bidang Umum Dan Keuangan, Ir. H. Yusrizal, M. Sc., Ph. D., yang mewakili Rektor unja; dekan fakultas ekonomi dan bisnis Unja; Dr. H. Junaidi, SE., M.Si.; Ketua LPPM Unja, Dr. Ade Octavia, SE., M.M.; Kaprodi Ekonomi Pembangunan FEB Unja, Dr. Etik Umiyati, SE., M.Si.; Kepala Pusat Studi Agraria IPB, Dr. Bayu Eka Yulian, S.P, M.Si; Staf Khusus Kementerian Keuangan; Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen; Direktur WALHI Jambi; dan Direktur Eksekutif TuK Indonesia.

Selain seminar nasional dan pelatihan kolaborasi, kegiatan ini juga menjadi seremoni penandatanganan MoU dan MoA terkait dengan Pembiayaan Berkelanjutan dalam rangka implementasi pembangunan hijau di Jambi dan Kebijakan Keuangan Berkelanjutan di Provinsi Jambi. 

Gubernur Jambi yang tidak berkesempatan hadir menyampaikan pesan selamat dan harapannya melalui tayangan video. “Selamat dan sukses atas penyelenggaraan seminar nasional dan penandatanganan MoU implikasi keuangan berkelanjutan dalam perencanaan pembangunan hijau untuk meningkatkan pendapatan daerah Jambi yang diselenggarakan oleh UNJA dan stakeholder. Substansi seminar ini sejalan dengan konsep pembangunan berkelanjutan rendah karbon terintegrasi dalam RP JMD Provinsi Jambi tahun 2021-2026 semoga seminar ini berlangsung dengan lancar dan bisa menghasilkan gagasan yang bisa diimplementasikan, guna menuju masyarakat Jambi yang sejahtera,” ujar Al Haris.

Wakil Rektor Bidang Umum Dan Keuangan, Ir. H. Yusrizal, M. Sc., menyampaikan sambutannya yang sekaligus membuka kegiatan acara. “Hari ini kita melaksanakan seminar dan pelatihan yang penting sekali. Pertama, kami mengucapkan selamat kepada mahasiswa yang menjadi pelaksana kegiatan ini, yang namanya mahasiswa ini menjadi tempat anda belajar, untuk mahasiswa mengorganisir segala sesuatu. Selanjutnya, Prodi Ekonomi Pembangunan saat ini sedang diproses akreditasi internasionalnya dan kami yakini bulan Juni ini akan kita terima sertifikatnya dan menjadi salah satu IKU 8 kami. Kita sangat senang sekali, memang sudah saatnya pembangunan yang berasaskan pembangunan hijau. Persoalan yang belum kita dapat adalah perhitungan kerugian dalam sebuah pembangunan, dalam seminar ini diharapkan kita bisa mendapat jawabannya dan dapat berkontribusi kepada banyak pihak. Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, Seminar Nasional dan Pelatihan Berkelanjutan resmi dibuka,” ujar Wakil Rektor II.

Setelah selesai penandatanganan MoU dan MoA, kegiatan dilanjutkan dengan acara seminar nasional dengan para pemateri dari Staf Khusus Kementerian Keuangan, Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Kepala Pusat Studi Agraria IPB, Direktur Eksekutif TuK INDONESIA, dan Koordinator Pusat Studi PPKD LPPM UNJA. (*/kar)

kunjungi : www.unja.ac.id

Sumber: