Kunjungi Beberapa Sekolah, Komisi IV Temukan Beberapa Persoalan

Kunjungi Beberapa Sekolah, Komisi IV Temukan Beberapa Persoalan

--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Komisi IV DPRD Provinsi (27/5) mengunjungi beberapa sekolah di Muaro Jambi dan Tanjungjabung Barat. Di Muaro Jambi, rombongan mengunjungi SMKN 1 Muaro Jambi. Sedangkan di Tanjungjabung Barat, mengunjungi SMKN 1 dan SMAN 1 Tanjungjabung Barat. 

Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jambi Fadli Sudria mengatakan, saat kunjungan di beberapa sekolah, pihaknya menemukan beberapa persoalan yang harus diselesaikan, seperti, di SMKN 1 Muaro Jambi, pihaknya menemukan beberapa jurusan yang tidak layak lagi, seperti jurusan otomotif. 

Menurut Fadli, jurusan yang tidak layak itu harus dihapus dan tidak ada lagi penerimaan siswanya di tahun depan. "Ini menjadi evaluasi kita, seperti jurusan otomotif di SMKN 1 Muaro Jambi, harus ditiadakan, sesuai arahan pak Menteri," akunya.

Namun, kata Fadli, ada beberapa jurusan yang perlu didorong, seperti Tata Boga. "Ini perlu kita dorong," tegasnya.

Kemudian, saat kunjungan  ke SMKN 1 Tanjungjabung Barat, pihaknya menemukan beberapa bangunan fisik yang harus diperbaiki tahun depan. "Ini harus direalisasikan tahun depan," tegasnya.

"Sesuai permintaan sekolah, pihak sekolah meminta bangunan pagar," tambahnya.

Selain itu, kata Fadli, pihaknya akan memanggil Disnakertrans untuk membahas kerjasama SMKN dengan perusahaan-perusahaan yang ada di Jambi. Itu dilakukan guna menciptakan lapangan kerja bagi para lulusan SMA/SMK di Jambi.

"Kita berharap agar perusahaan yang ada di Jambi mempekerjakan anak-anak kita yang dari SMK ini," harapnya. 

Dengan mempekerjakan siswa lokal, kata Fadli, bisa mengurangi tingkat pengangguran di Jambi. Tak hanya itu, rombongan komisi IV juga mengunjungi SMAN 1 Tanjungjabung Barat. Fadli menilai, SMAN 1 Tanjungjabung Barat sudah cukup bagus.  "Tapi, harus meningkatkan SDM," pungkasnya. (*)

Sumber: