Khasiat Penggunaan Sediaan Krim Tanaman Sembung Rambat

Khasiat Penggunaan Sediaan Krim Tanaman Sembung Rambat

Oleh: Cici Refkiyani mahasiswi Prodi Farmasi STIKES Harapan Ibu Jambi--

Terhadap Penghambatan Bakteri Staphylococcus Aures

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Tanaman sembung rambat merupakan tanaman yang banyak digunakan masyarakat sebagai obat luka, sakit perut, borok, gatal-gatal, kudis dan penyakit lainnya. Tanaman ini banyak dijumpai di perkebunan sawit. Bakteri Staphylococcus aures merupakan patogen utama pada manusia dan hampir setiap orang pernah mengalami infeksi Staphylococcus aures seperti keracunan makanan hingga infeksi kulit ringan sampai berat.

"Sebuah penelitian telah dilakukan oleh penulis dibawah bimbingan ibu apt. Santi Perawati M.Farm dan ibu apt. Indri Meirista, M.Sc mengenai aktivitas antibakteri sediaan krim fraksi etil asetat sembung rambat terhadap bakteri Staphylococcus aures. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas antibakteri sediaan krim sembung rambat. Penelitian dilakukan dengan cara eksperimental yang dilakukan di laboratorium Mikrobiologi Klinik Stikes Harapan Ibu Jambi," kata Cici Refkiyani Rabu (19/5).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sediaan krim fraksi etil asetat sembung rambat dapat menghambat bakteri Staphylococcus aures dengan kategori sedang.

"Kami berharap hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi instansi terkait dalam edukasi pemanfaatan bahan alam yang dapat digunakan sebagai antibakteri," tandasnya. (*)

Sumber: