Terpapar Corona, Warga Korea Utara Demam Berjamaah

Terpapar Corona, Warga Korea Utara Demam Berjamaah

Kim Jong Un (Foto: KCNA)--

KORUT, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Korea Utara darurat Covid-19. Negara yang dipimpin Kim Jong Un itu sudah mengumumkan 6 kasus kematian dan sebanyak 269.510 orang didiagnosis demam. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) khawatir kondisi di Korut memunculkan varian varu.

Apalagi selama ini diketahui Korea Utara belum memvaksinasi warganya. Kondisi ini membuat virus mudah bermutasi.

“Tingginya tingkat penularan Covid-19 di antara orang yang tidak divaksinasi, seperti di Korea Utara, menciptakan risiko varian baru yang lebih tinggi,” kata seorang pejabat WHO.

Situasi saat ini memicu kekhawatiran atas krisis di sana karena kurangnya vaksin dan infrastruktur medis. Kondisi tersebut tentu saja mengkhawatirkan.

“Tentu saja mengkhawatirkan jika negara-negara, tidak menggunakan alat yang sekarang tersedia,” kata Direktur Kedaruratan WHO Mike Ryan menanggapi pertanyaan tentang wabah di Korea Utara.

Korea Utara pada Selasa (17/5) melaporkan lonjakan besar. Wabah massal menyebar melalui populasi yang tidak divaksinasi. Perwira militer dikerahkan untuk mendistribusikan obat-obatan.

Media pemerintah melaporkan 269.510 orang lainnya ditemukan mengalami demam dan 6 meninggal. Itu meningkatkan kematian Korea Utara menjadi 56 setelah lebih dari 1,48 juta orang menderita demam sejak akhir April.

Korea Utara tidak memiliki alat tes untuk mengonfirmasi infeksi virus Korona dalam jumlah besar. Laporan itu tidak mengatakan berapa banyak kasus demam yang disebabkan oleh Covid-19. Kondisi ini membuat WHO prihatin. Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus juga mengatakan sangat prihatin tentang penyebaran virus di antara populasi yang tidak divaksinasi. (jawapos)

 

 

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: