Inilah Sosok Pembuat Meme Anies Pakai Koteka Papua

Inilah Sosok Pembuat Meme Anies Pakai Koteka Papua

Ini Sosok Tak Terduga Pembuat Meme Anies Pakai Koteka Khas Papua--Instagram/ @aganharahap--

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Sosok pembuat meme Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pakai koteka adat Papua akhirnya terungkap.

Foto meme Anies Baswedan yang diunggah politikus Ruhut Sitompul itu ternyata buatan seniman digital imaging Agan Harahap.

Dalam meme foto yang dibuat oleh Agan Harahap, Anies Baswedan tampak mengenakan pakaian adat Suku Dani dari Papua. 

Anies Baswedan juga terlihat tengah bertelanjang dada. Tidak hanya itu hidung Anies juga tampak ditindik dengan taring babi.

Menurut pantauan Disway.id dari Instagram @aganharahap, foto editan Anies itu sudah diunggah oleh Agan Harahap di akun media sosialnya pada 17 Oktober 2017 lalu.

Agan menuliskan keterangan Pro Pribumi!. Sampai saat ini, foto yang dibuat lima tahun lalu itu masih di akun IG Agan Harahap. 

Sontak saja foto meme Anies Baswedan yang memakai koteka itu langsung membuat heboh banyak orang, Namu foto itu berujung pelaporan terhadap Ruhut Sitompul ke Polda Metro Jaya.

Ruhut terancam UU ITE usai menyebarkan foto meme Anies itu di Twitter pribadinya. Ia dianggap melecehkan bernada rasis.

Dikutip dari FIN.co.id, Agan Harahap memiliki alasan tersendiri membuat foto editan Anies dan menunggah di Instagram-nya.

“Sebetulnya itu editan lama saya di tahun 2017. Itu saya buat dalam rangka merespons pidato perdana Anies Baswedan, sebagai Gubernur DKI Jakarta 2017,” ucap Agan Harahap, Jumat 13 Mei 2022.

Saat itu, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno berhasil mengalahkan pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat.

Dalam pidato kemenangan di Balai Kota Pemprov DKI, Anies Baswedan menyinggung soal pribumi.

“Dalam pidato tersebut Anies Baswedan berkata pribumi harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri, bagaimana pembangunan sebaiknya ditujukan untuk kepentingan satu kelompok atau golongan dan sebagainya dengan tak lupa mengutip berbagai peribahasa dari suku-suku di Indonesia,” terang Agan Harahap.

Mendengar kata pribumi dalam pidato Anies Baswedan, Agan Harahap mengaku tergelitik. Dia bertanya-tanya siapa dan apa sebenarnya pengertian pribumi tersebut.

Di sisi lain, dia tidak setuju jika meme Anies Baswedan menggunakan baju adat suku Dani Papua disebut rasis.

Terkait kasus yang saat ini sedang heboh, Agan Harahap mengaku tidak tahu mengapa Ruhut Sitompul mengunggah karya yang dibuatnya lima tahun lalu itu.

Ruhut dipolisikan

Ruhut Sitompul dipolisikan oleh tokoh muda Papua, Petrodes Mega Keliduan atas cuitannya yang memuat meme Anies Baswedan menggunakan pakaian adat suku Dani Papua Koteka. 

Politikus PDI-Perjuangan dipolisikan sebab dinilai mengolok-olok pakaian adat Papua. 

Laporan itu diterima oleh Polda Metro Jaya dengan nomor laporan LP/B/2299/SPKT/Polda Metro Jaya, tertanggal 11 Mei 2022. 

Menanggapi itu, Ruhut Sitompul lalu meminta maaf kepada masyarakat Papua dan pelapor yang merasa tersinggung. 

Ruhut mengatakan, dirinya juga sering ke Papua dan telah mengelilingi wilayah Papua. Dia memuji Papua bahwa warganya berhati lembut.

Lebih lanjut mantan kader Partai Demokrat ini mengatakan bahwa dirinya akan hormati proses hukum. (disway)

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: