TPA Regional Kerinci Dianggarkan Rp 150 Miliar

TPA Regional Kerinci Dianggarkan Rp 150 Miliar

Gubernur Jambi Al Haris--

KERINCI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Sebagai bentuk keseriusan dalam mengatasi permasalah sampah di Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci, Pemerintah Provinsi Jambi telah menyiapkan anggaran  Rp.150 Miliar untuk pembangunan Tempat Pemprosesan Akhir (TPA) sampah Regional Kerinci dan Sungai Penuh.


yamaha--

Hal ini dikatakan Gubernur Jambi, Al Haris saat melaksanakan halal bihalal bersama pemerintah dan masyarakat Kota Sungai Penuh, Kamis (12/05/2022).

"Pemprov Jambi sudah menyiapkan anggaran Rp.150 Miliar untuk pembangunan TPA Regional Kerinci-Sungai Penuh, tentu kita berharap sinergitas Pemprov, Pemerintah Kerinci dan Kota Sungai Penuh untuk pembangunan ini, karena TPA ini untuk warga Kerinci dan Sungai Penuh," kata Al Haris.

Terkait pembangunan TPA regional tersebut, dikatakan Al Haris saat ini tinggal menunggu komitmen persetujuan dari Pemerintah Kabupaten Kerinci, terkait lokasi untuk pembangunan TPA Regional tersebut.

"Kita harapkan satu pemahaman Pemkab Kerinci dan Pemkot Sungai Penuh, kami (Pemprov Jambi) tinggal eksekusi dana itu masuk ke Kerinci dan Sungai Penuh dan dibawahnya ada komitmen dari kedua belah pihak. Ini yang saya minta sekarang, saya mohon bantuan Kajari dan Dandim menyambungkan rencana kita ini ke Pemkab Kerinci," jelasnya.

Rencana pembangunan TPA regional Kerinci-Sungai Penuh ini disambut antusias Walikota Sungai Penuh, Ahmadi Zubir yang menargetkan 2023 semua desa dan kelurahan di Sungai Penuh memiliki TPS-3R.

"Tahun ini kita mulai membangun TPS-3R dan 2023 kami targetkan semua desa, kelurahan di Kota Sungai Penuh harus memiliki TPS-3R, tentu kami mengajukan untuk pembangunan TPA skala regional," kata Wako Ahmadi.

TPA regional Kerinci-Sungai Penuh ini rencananya untuk pengelolaan sampah menjadi pupuk organik atau biogas untuk mengatasi sampah di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh. (Hdp) 

Sumber: