Tiga Kerbau Disembelih Menjelang Kenduri Sko Tanjung Tanah

Tiga Kerbau Disembelih Menjelang Kenduri Sko Tanjung Tanah

--

KERINCI, JAMBIEKSPRES.CO.ID-Dua hari lagi masyarakat Tigo Luhah Tanjung Tanah akan menggelar Kenduri Sko. Salah satu ritual menarik yang dilakukan sebelum hari H adalah pemotongan tiga ekor kerbau sebagai bentuk syukur dan juga penanda bahwa kegiatan kenduri sko  siap digelar 14 Mei besok. 

Kerbau pertama merupakan hadiah dari Kemendikbud Ristek RI. Kerbau kedua  donasi gabungan dari tiga kepala Desa wilayah Tanjung Tanah dan Kerbau ketiga hadiah dari Bupati Dhamasraya.  "Informasi yang kita dapat, khusus dari Bupati Dhamasraya akan didatangkan kerbau putih, namun kepastian kerbau warna  putih ini kita masih menunggu informasi lebih lanjut"  Ujar Pak Martunus salah satu panitia pelaksana Kenduri Sko Tanjung Tanah. 

Hari ini, Kamis (12/4) kerbau pertama telah diterima warga Tanjung Tanah dan diserahkan oleh perwakilan Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Ristek RI yaitu Derektur Perfilemanan, musik dan media, Ahmad Mahendra. Kerbau diserahkan langsung di kediaman Depati Talam Said H. Hanapi,  salah satu tokoh masyarakat Tanjung Tanah, disaksikan sejumlah  masyarakat. Bersama rombongan  (Dirjen) hadir pula Prof Wardiman Mantan Mendikbud Era Persiden Suharto.  Mereka didampingi oleh Kadis Pariwisata & Kebudayaan  Kabupaten Kerinci, Juanda Sasmita

Tiga kerbau ini disembelih lalu dagingnya dibagikan ke rumah-rumah masyarakat dan sebagian dimasak untuk kegiatan hari H. Salah satu warga Desa Simpang Empat Marlena mengaku senang dan ikut merasakan kemeriahan Kenduri Sko yang digelar sekali enam tahun ini.  Terlebih persiapan dilakukan cukup panjang dan sempat tertunda karena pandemi Covid-19. 

Selain potong kerbau kemarin sore juga dilakukan ziarah ke makam leluhur, kuburan Ninek Jilateh. Masyarakat Tanjung Tanah juga menyambut Kenduri Sko ini layaknya menyambut hari besar lain dengan memasak lemang dan makanan lainnya. (Penulis Lepas : Hj Nursini Rais di Kab. Kerinci)

Sumber: