42 Dusun di Bungo akan Gelar Pilrio Serentak 15 Juni

42 Dusun di Bungo akan Gelar Pilrio Serentak 15 Juni

Kadis PMD Taufik Hidayat--

MUARA BUNGO, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Sebanyak 42 dusun (desa) di Kabupaten Bungo akan menggelar pemilihan Rio (Kepala Desa) secara serentak.

Dijadwalkan, pesta demokrasi tingkat dusun tersebut akan digelar pada 15 Juni 2022 mendatang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Dusun Kabupaten Bungo Taufik Hidayat memastikan pelaksanaan Pilrio nanti akan menerapkan protokol kesehatan meskipun saat ini pandemi tengah melandai.

Aturan-aturan yang telah ditetapkan sudah dilakukan sosialisasi kepada panitia pemilihan untuk menghindari terjadinya klaster Covid-19.

"Iya insya allah Pilrio serentak kita sebanyak 42 dusun akan digelar pada tanggal 15 Juni 2022," ungkap Taufik Hidayat.

Taufik menjelaskan, bagi calon Rio yang akan ikut berkompetisi, selain melengkapi syarat umum juga harus melengkapi syarat khusus dari kabupaten, yakni bebas narkoba dan memiliki pengetahuan tentang adat.

Syarat-syarat itu harus dimiliki, karena Rio yang terpilih secara otomatis akan menjadi pemangku adat di dusun yang ia pimpin.

"Syarat tambahan ini sudah kita berlakukan sejak 2016 lalu. Ini bertujuan untuk meyakinkan masyarakat bahwa pemimpin memang bebas dari narkoba," katanya.

Semua berkas syarat pencalonan Rio tersebut akan dikirim oleh panitia dusun ke tim kabupaten untuk diverifikasi. Jika tidak memenuhi syarat akan digagalkan pencalonannya.

Sementara itu, Bupati Bungo H. Mashuri meminta kepada panitia yang terlibat untuk memastikan Pilrio berjalan dengan baik dan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

"Kita berharap pelaksanaan Pilrio ini sukses. Termasuk, sukses keamanan dan sukses prokes," kata Mashuri.(aes)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: