Arus Balik Mudik di Pelabuhan Nipah Panjang Lebaran ke 5 Sepi

Arus Balik Mudik di Pelabuhan Nipah Panjang Lebaran ke 5 Sepi

Aktifitas penumpang arus balik mudik jalur perairan di pelabuhan Pos Pam Terpadu Kecamatan Nipah Panjang, Kabupaten Tanjabtim--

MUARASABAK, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Pasca hari raya Idul Fitri 1443 H/2022 M, arus mudik balik di jalur perairan yang berada di Kecamatan Nipah Panjang, Kabupaten Tanjabtim, tinggi pada H+3 dan H+4. Sedangkan pada H+5 lebaran, para penumpang yang pulang mudik terlibat sepi.

Hal itu seperti yang dikatakan oleh Kapolres Tanjabtim, AKBP Andi Muh. Ichsan melalui Kepala Pos Pam Terpadu Pelabuhan Nipah Panjang, . Dia mengungkapkan, bahwa penumpang yang pulang mudik menggunakan Speedboat pada H+3 lebaran sebanyak 25 orang, H+4 sebanyak 23 orang dan H+5 sebanyak 10 orang.

"Speedboat itu langsung transit dari Kuala Tungkal, seperti dari Batam, Tembilahan dan lain-lain. Biasanya Speedboat dari Kuala Tungkal itu tiba di Nipah Panjang sekitar pukul 11.00 - 12.00 WIB," ungkapnya.

Selain itu, di pelabuhan itu juga merupakan tempat penyeberangan orang dan kendaraan, baik itu dari Nipah Panjang ke Sadu maupun sebaliknya. Berdasarkan hitungannya pada H+3 dan H+4, ada sebanyak 300 kendaraan dan 500 orang yang melakukan penyeberangan.

"Sedangkan di H+5 hari ini hanya 7 kendaraan dan 14 orang yang menyeberang. Kalau untuk waktu penyeberangan per 30 menit," katanya.

Dijelaskannya, Pos Pam ini akan terus memantau arus balik mudik jalur perairan sampai dengan waktu yang telah ditentukan, yakni pada tanggal 9 Mei 2022 mendatang. Selain memantau arus balik mudik, petugas Pos Pam juga melakukan pengamanan di pelabuhan, agar penumpang bisa dengan aman dan nyaman saat pergi dan pulang mudik.

"Ya, tugas kita memantau dan mengamankan arus mudik di pelabuhan, agar penumpang yang ingin mudik merasakan aman dan nyaman," sebutnya.

Diakuinya, bahwa di Pos Pam Terpadu ini, pihaknya juga menyampaikan imbauan kepada para penumpang atau pengguna jasa penyeberangan bagi yang belum di vaksin, baik itu vaksin 1, 2 dan 3 agar untuk bisa segera vaksin.

"Kami berharap, dengan adanya imbauan yang disampaikan, masyarakat yang belum di vaksin, bisa segera ikut vaksinasi," imbaunya.(lan)

 

Sumber: