Kanwil Kemenag Gelar Lomba Vokalis, Shalwat/Qasidah

Kanwil Kemenag Gelar Lomba Vokalis, Shalwat/Qasidah

JAMBI-Dalam rangka hari anak nasional (HAN) tahun 2012 dan menyambut tahun baru Islam 1434 H serta melestarikan seni budaya yang bernapaskan Islam, maka Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jambi menggelar Lomba Vokalis, Shalawat/Qosidah se-Provinsi Jambi.

            Acara ini diikuti seluruh Kemenag kabupaten/kota dan utusan Kanwil Provinsi Jambi. Kegiatan tersebut digelar pada Rabu (12/09) kemarin di Halaman Kanwil Kemenag Provinsi Jambi. Perlombaan ini sendiri dibuka langsung Kakanwil Kemenag Provinsi Jambi, Drs H Mahbub Daryanto, MPdI.

            Dalam sambutannya Mahbub mengatakan bahwa kegiatan ini rutin dilaksanakan dan tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Hal tersebut dikarenakan lomba ini dalam rangka HAN 2012 dan perlombaan ini merupakan awal dari semua kegiatan dalam menyambut HAN tahun 2012 dan tahun baru hijriyah.

            “Kita tahu sekarang banyak pengaruh negative terhadap anak-anak kita. Bagaimana kita mendidik anak-anak kita agar terbebas dari pengaruh zaman saat ini dan saya menyambut positif kegiatan ini agar generasi muda kita memiliki kegiatan positif termasuk lomba ini,” sebut Mahbub dalam sambutannya, kemarin.

            Pada kesempatan itu juga Mahbub juga menyinggung masalah hijrah, dimana makna dari hijrah ini adalah bagaimana dari masalah yang buruk kepada masalah yang baik.

            “Tahun baru hijriah sebentar lagi, hendaknya momentum berhijrah ini dimaknai dengan hijrah dari keburukan dan kebaikan. Perbaiki program dan pelayanan kepada masyarakat, karena kita disini adalah melayani masyarakat,” harapnya.

            Sementara itu Kepala Bidang Penamas Kanwil Kemenag Jambi, Dra Hj Fauriyah mengatakan bahwa tujuan dari digelarnya kegiatan ini untuk melestarikan seni budaya Islam sebagai khazanah Islam. Selain itu juga untuk menggali seni budaya bernafaskan Islam untuk dakwah.

            “Kegiatan ini diharapkan dapat membentengi generasi muda dari masalah-masalah negative. Apalagi peserta dari kegiatan ini kita bagi tiga kelompok yaitu anak-anak, remaja dan dewasa,” ujar Fauriyah, kemarin.

            Mengenai peserta, Fauriyah menjelaskan bahwa kegiatan ini diikuti 6 orang setiap kabupaten/kota dan Kanwil Kemenag Jambi dan 2 oficial.  Dewan juri dari kegiatan lomba ini adalah Drs H Awab Bapadhol, HM Torik dan Nursiah Hamid. Penilaiannya adalah mengguanakan IT, dimana setelah tampil nilai langsung ditampilkan.

            Untuk penilaian dalam lomba ini adalah vocal, penghayatan dan penampilan. Setiap peserta akan membawakan 2 lagu, 1 lagu wajib dan 1 lagu pilihan. Pemenang dari lomba ini akan mendapatkan piagam, uang pembinaan dan tropy yang akan diserahkan pada puncak HAN 2012.

(kta/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: