Sungkem Ibunda, Jokowi Diwejang

Sungkem Ibunda, Jokowi Diwejang

SOLO -Sebelum bertolak ke Jakarta memantau putaran kedua pilgub DKI Jakarta hari ini (20/9), Wali Kota Solo Joko Widodo (Jokowi) kemarin (19/9) menyempatkan diri berpamitan dengan ibunda tercintanya, Sujiatmi Notomiatjo. Suasana kediaman di Jalan Pleret Raya\" RT 1 RW 7 nomer 9 A Sumber, Banjarsari tampak sedikit istimewa. Wali kota yang akrab disapa Jokowi ini disambut hangat ibundanya.

Saat Jokowi datang, Ny Sujiatmi Notomiatjo sedang duduk di salah satu kursi panjang ruang tamu. Jokowi langsung menghampiri dan sungkem dengan mencium tangan sembari bersimpuh di pangkuannya. Ibundanya langsung memberikan wejangan kepada putra pertamanya itu. Ny Sujiatmi membisikkan nasehat kepada Jokowi. Ibundanya juga mencium kening dan kedua pipi Jokowi.

\"Ya ini untuk memberikan restu saja. Seperti seorang ibu pada umumnya yang memberikan nasehat kepada anaknya,\" tutur Ny Sujiatmi, kemarin (19/9).

Dalam wejangan itu, dia berpesan kepada Jokowi agar ketika terpilih menjadi gubernur menjadi pemimpin yang mengayomi rakyat. Sama ketika saat menjabat sebagai Wali Kota Solo. \"Senang bisa mendoakan agar menang. Tapi beban yang ditanggung semakin berat. Pesannya supaya bekerja keras, jujur, amanah bisa melayani masyarakat dengan baik,\" imbuhnya.

Dia juga mengaku tidak ada ritual khusus untuk menghantarkan Jokowi ke Jakarta. Sebagai seorang ibu, ia hanya berdoa dan memberi restu. \"Banyak-banyak berdoa saja. Salat tahajud juga. Semoga diberikan yang terbaik untuk anak saya,\" jelasnya.

Jokowi menyatakan, sungkeman itu biasa dilakukannya saat mengunjungi ibunya. Dan bukan semata karena pencalonannya di Pilgub DKI Jakarta. \"Kalau ke rumah ya biasa to sungkem dulu sama ibu. Bentuk bakti kepada orang tua juga,\" tuturnya.

Sebelum bertolak ke Jakarta, Jokowi juga berpamitan dengan beberapa tetangga dekatnya. Pada Selasa (18/9) malam, juga digelar doa bersama yang diikuti 100 orang keluarga besarnya di rumah itu.

Keluarga Jokowi turut ke Jakarta. Mulai dari dewasa, anak-anak dan tetangga dekat. Mereka berangkat lebih dulu sekitar pukul 09.00 WIB. Sementara Jokowi sempat menghadiri apel siaga keamanan di parkir timur Stadion Manahan, Rabu pagi (18/9). Setelah itu, Jokowi langsung terbang ke Jakarta pukul 12.00 WIB.

(adi/mas)

Sumber: