Brio Car of The Year

Brio Car of The Year

JAKARTA-Produk andalan terbaru PT Honda Prospect Motor (HPM), Honda Brio, menyabet penghargaan sebagai Car of The Year 2012. Mobil compact ini mengalahkan beberapa merek kendaraan lain dari berbagai jenis berbeda.

            Brio meraih nilai tertinggi sebanyak 159 poin dalam penghargaan yang digelar oleh Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT) itu. Diikuti Suzuki Ertiga (153 poin), All New Ford Focus (119 poin), New Toyota Camry (113 poin), dan New Mazda CX-5 (81 poin).             Penganugerahan dilakukan memanfaatkan momen Indonesia International Motor Show 2012 (IIMS) di JI Expo Kemayoran, Jakarta, kemarin.

            Ke tua Pelaksana Forwot Car of The Year (FCY) 2012, Syakur Usman, mengatakan kemenangan Honda Brio dihasilkan dari sebuah proses penjurian yang profesional dan bertanggung jawab. Proses penjurian melibatkan 25 wartawan dari berbagai media massa nasional. Setiap wartawan dibekali 25 poin untuk diberikan kepada tiga dari total finalis yang ada.

            \"Honda Brio berhasil terpilih sebagai mobil terbaik dalam sebuah polling dan penilaian ketat dari para wartawan yang selama ini membidangi industri otomotif. Kami menghormati hasil penilaian ini sebagai bentuk apresiasi kepada produk otomotif terbaik yang pantas dikonsumsi oleh konsumen otomotif di Indonesia,\" ujarnya.

            FCY merupakan event pemilihan mobil terbaik yang berbeda dari event serupa di tanah air. Event independen ini hanya memilih satu mobil terbaik dari semua kategori mobil. Karena itu penjurian FCY 2012 ini mengadopsi Car of the Year dari Car of the Year Committee atau www.caroftheyear.org.

            Kegiatan pemilihan mobil terbaik oleh 55 wartawan otomotif di benua Eropa ini sudah berlangsung sejak 1982. Sebanyak 25 dewan juri ini berjuang memilih 5 finalis dari 42 mobil baru yang dipasarkan di Indonesia sejak Januari 2012 hingga pelaksanaan IIMS 2012. Setelah 5 finalis FCY 2012 didapat, setiap juri kemudian memilih tiga mobil terbaik berdasarkan pertimbangan profesional mereka sebagai wartawan otomotif.

       Ada pun kriteria penjurian adalah Design, Comfort, Safety, Economy, Handling, Performance, Functionality, Enviromental requirement, Driver Satisfaction, dan Price. Selain itu tentu saja preferensi yang tinggi dari para anggota dewan juri terhadap mobil berdasarkan liputannya, seperti perkenalan produk, media test drive, dan lain-lain.(gen)

 

            

Sumber: