Tingkatkan Mutu dan Kualitas Pendidikan

Tingkatkan Mutu dan  Kualitas Pendidikan

SEKOLAH Dasar Negeri 87 Kota Jambi pada ajaran baru tahun 2012/2013 ini terus berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan. Sehingga, nantinya mampu bersaing dengan sekolah lainnya.

            Menurut Kepala SDN 87  Kota Jambi, Ansori, SPd, MPd bahwa selama kepemimpinannya ini, pihaknya bersama guru terus berusaha untuk meningkatkan mutu dan kualitas SDN 87. “Sekarang ini yang terpenting adalah bagaimana meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan,” ujar Ansori, kemarin.

Diakuinya, peningkatan mutu dan kualitas pendidikan tersebut harus di semua sektor. Baik dari tenaga pengajar, siswa, maupun kurikulum. Untuk itu, harus ada rasa memiliki yang kuat terhadap sekolah, sehingga nantinya mampu menumbuhkan niat untuk bersama-sama membangun SDN 87 ini.

Pasalnya, mutu pendidikan tidak hanya ditentukan oleh guru saja, namun tentunya peran dari semua pihak. Ia juga menjelaskan, saat ini pihaknya juga terus membenahi beberapa fasilitas yang menunjang kelancaran proses belajar mengajar, seperti berupaya untuk mengadakan perangkat komputer dan akses internet gratis, hingga bisa memenuhi standar yang diharapkan.

“Kedepan kita juga akan secara konsisten menerapkan kedisiplinan. Baik terhadap guru maupun siswa. Untuk jam belajar sendiri pihaknya akan menerapkan lebih maju lagi,” jelasnya.

Selain itu, upaya lainnya demi untuk memajukan pendidikan di SDN 87 ini adalah dengan meningkatkan kesadaran siswa dalam membaca. “Memang, kita berupaya terus menerus, agar minat siswa untuk membaca lebih meningkat,” timpalnya.

Untuk itu, salah satu cara yang dilakukan saat ini adalah dengan menganjurkan siswa-siswi untuk aktif mengunjungi perpustakaan. Untuk melengkapi buku-buku yang ada di perpustakaan, ia katakan akan menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk pembelian buku.

            Ditegaskannya, pada tahun ajaran 2012/2013 ini, pihaknya ingin SDN 87 mampu bersaing dan menonjol di bidang akademik. “Ini memang target kami. Mudah-mudahan tahun ini tercapai,” akunya.

Ia katakan pula, pada tahun-tahun ke depan SDN 87 juga akan berupaya untuk lebih menonjolkan dalam bidang non akademik. Baik dalam bidang olahraga, seni atau lainnya.

Pihaknya juga tetap mendukung dan mengarahkan pengembangan anak didik di bidang keagamaan, salah satunya adalah dengan menggelar kegiatan rutin membaca surat Yasin di hari Jumat sebelum jam pelajaran dimulai.

“Kegiatan ini diberikan sesuai dengan visi kami untuk menjadikan manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, cerdas, terampil dalam menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi,” terangnya.

Bahkan, pihaknya juga telah menyiapkan progam-progam baru untuk ke depannya nanti. “Insya Allah untuk progam pengembangan kreativitas siswa, ke depannya sudah kami siapkan,” tukasnya.

(lia) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: