OECD : Bentuk UMKM Fund

OECD : Bentuk UMKM Fund

JAKARTA - Sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mendapat sorotan khusus dari lembaga internasional Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan atau Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD).

Ekonom OECD Annabelle Mourougane mengatakan, Indonesia memiliki struktur perekonomian yang unik karena besarnya porsi sektor UMKM. ‘‘Saat ini, salah satu isu krusial dalam perekonomian Indonesia adalah bagaimana meningkatkan produktifitas sektor UMKM,’‘ ujarnya dalam paparan di Paramadina Public Policy Institute (PPPI) kemarin (1/9).

Menurut Annabelle, dengan dominasi UMKM dalam lanskap ekonomi Indonesia, maka membenahi produktifitas pekerja di sektor UMKM akan berpengaruh signifikan pada peningkatan produktifitas secara nasional. ‘‘Cara efektif yang bisa dilakukan Indonesia adalah dengan membentuk training fund, seperti Malaysia,’‘ katanya.

Annabelle menyebut, dengan training fund, pemerintah bisa menjalankan program pelatihan secara terstruktur kepada UMKM. Hal ini sangat penting, karena dengan skala UMKM yang lebih kecil, maka pelatihan terhadap pelaku UMKM bisa ditularkan kepada pegawai atau rekannya. Sehingga, dalam waktu singkat, produktifitas UMKM diharapkan bisa meningkat signifikan.

(owi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: