Penjualan Mobil Bisa Lampaui 1 Juta Unit

Penjualan Mobil Bisa  Lampaui 1 Juta Unit

JAKARTA-Pasar otomotif (mobil) berpotensi melampaui perkiraan 1 juta unit sepanjang tahun 2012 ini. Pada September penjualan secara whole sales menembus 99 ribu unit sehingga secara kumulatif sejak awal tahun sudah mencapai sekitar 813.152 unit.

            Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM), Joko Trisanyoto, mengatakan pasar sepanjang bulan September membaik mencapai 99 ribu unit secara whole sales dan secara ritel sekitar 93 ribu unit. Pasar menguat setelah Agustus sedikit melemah karena sesuai tradisi pasca liburan hari raya Idul Fitri sehingga pada Agustus penjualan mencapai 76.373 unit.

            Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan penjualan mobil secara kumulatif pada Januari sampai Agustus sebanyak 714.152 unit sehingga dengan adanya tambahan 99 ribu unit pada September totalnya menjadi 813.152 unit. \"Rasanya angka (penjualan) sebanyak 1 juta unit semakin bisa ditembus,\" ujarnya kepada Jawa Pos, kemarin.

                   Bahkan, kata Joko, berpotensi lebih dari 1 juta unit. Asumsinya terjadi penjualan rata-rata 90 ribu unit di tiga bulan terakhir ini. Seandainya itu terjadi maka akan ada tambahan 270 ribu unit dan ditambah yang sudah terealisasi sampai dengan September maka potensi sampai akhir tahun sebanyak 1,083 juta unit.

       Dengan torehan kinerja sampai dengan September itu Joko menilai sejauh ini tidak ada dampak dari pemberlakuan Down Payment (DP) minimum mulai 20 persen yang ditetapkan sejak 15 Juni 2012. \"Untuk kendaraan roda empat sejauh ini belum ada dampaknya. Di Toyota juga tidak begitu terlihat dampaknya. Tidak signifikan sampai saat ini,\" ungkapnya.

       Kekhawatiran saat ini justru muncul dari sector komoditas dan pertambangan yang kondisinya semakin memburuk. Terutama untuk batu bara dan minyak mentah (CPO) yang mengalami penurunan harga jual. \"Memang sih dampak langsungnya ke penjualan kendaraan niaga yang terasa. Tetapi ini kalau berlangsung terus khawatir berimbas ke perekonomian kita. Kalau itu terjadi kan dampaknya ke mana-mana, termasuk pasar secara total,\" paparnya.

       Di antara anggota Gaikindo baru Toyota yang kemarin melaporkan detil penjualannya sepanjang bulan September. Pemimpin pasar mobil di Indonesia itu membukukan total penjualan 33.705 unit pada bulan lalu atau tumbuh sekitar 30,4 persen dibandingkan dengan pencapaian pada Agustus 2012 sebanyak 25.848 unit.

       Presiden Direktur PT TAM, Johnny Darmawan, mengaku bangga atas penjualan tersebut karena pertumbuhan terjadi di semua segmen kendaraan Toyota. \"Toyota bersyukur karena mencatatkan pencapaian yang mengesankan sepanjang bulan lalu, di mana hampir semua segmen kendaraan Toyota mencatatkan pertumbuhan. Adanya penyelenggaraan IIMS 2012 selama 11 hari, turut menyemarakkan pasar otomotif nasional pada bulan lalu,\" ucapnya dalam keterangan resmi, kemarin.

       Segmen multi purpose vehicle (MPV) Toyota masih menjadi tulang punggung dengan kontribusi penjualan terbesar mencapai 21.307. Terutama dari penjualan Avanza sebanyak 14.989 unit. Kijang Innova memberi kontribusi sebanyak 6.039 unit sepanjang September, dan Alphard mencapai 279 unit.

       Di segmen sport utility vehicle (SUV) secara total Toyota membukukan penjualan 4.635 unit terutama dari penjualan Fortuner. Sedangkan di segmen sedan Toyota Vios berhasil cetak penjualan 1.681 unit dan ditambah tipe lainnya total sedan Toyota terjual 2.029 unit.

(gen)

 

            

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: