Sanken, Bidik Pangsa Pasar 30 Persen

Sanken, Bidik Pangsa  Pasar 30 Persen

SURABAYA - PT Istana Argo Kencana, satu grup yang menaungi produk elektronik asal Jepang Sanken terus mengepakkan sayap bisnisnya. Tak hanya bergerak di elektronik perusahaan itu mendirikan anak usaha yang khusus menaungi produk watering. Salah satu produk terbarunya yakni digital solar water heater, Solarex.

       Marketing Director PT Istana Argo Kencana Teddy Tjan menceritakan, sejak 2010 pihaknya tak lagi berorientasi pada produk elektronik. Sebab, persaingan produk elektronik sangat sengit di pasaran. Persaingan itu tak hanya perang kualitas, harga, tapi juga promosi. \"Untuk itu kami memilih jalan aman, kami tak mau lagi bermain di strategi red ocean tapi blue ocean yang lebih tenang dan peluangnya masih besar,\" terangnya saat ditemui di acara launching Solarex di Tunjungan Plaza, Surabaya kemarin.

       Saat ini, lanjut Teddy, kebutuhan water heater telah menjadi gaya hidup tersendiri terutama di perkotaan. Air hangat diperlukan untuk mandi, mencuci, atau memasak. Penggunaan water heater sendiri di Indonesia masih mencapai 10 persen dari kebutuhan global. Ia mengatakan, pemain terbesar produk itu hanya ada dua. \"Jadi masih banyak peluang, tahun depan dengan keunggulan produk yang ramah lingkungannya kami targetnya menjadi market leader,\" katanya.

       Teddy menerangkan saat ini konsumsi listrik dan bahan bakar di Indoneasia menjadi sorotan. Apalagi tahun depan ada rencana kenaikan listrik. Bagi industri seperti perhotelan, rumah sakit, dan apartemen yang membutuhkan tenaga listrik yang besar tentu harus berusaha menekan konsumsi listriknnya. Selain itu tingkat kepanasan yang bisa dihasilkan mencapai 99 derajat celcius.

       ]Ia mengungkapkan produk itu sebenarnya telah dirilis sejak Desember 2011. Selama ini penjualannya mengalami tren yang bagus. Mayoritas pembelinya dari sektor industri yakni sekitar 85 persennya. Selain mengeluarkan produk Solarex, akhir tahun ini pihaknya akan melaunching produk water purifier, dan refer osmosis (RO). \"Semua produk itu merupakan produk ramah lingkungan,\" cetusnya.

(uma)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: