Raih Juara I Nasional Best Paractice

Raih Juara I Nasional Best Paractice

JAMBI-Prestasi membanggakan diraih salah seorang pengawas yang berasal Kabupaten MuaroJambi ditingkat Nasional atas nama Hendri Akbar, MPd Koordinator Pengawas (Koorwas MuaroJambi. Dirinya berhasil meraih Juara I Lomba Best Paractice tingkat Nasional dan prestasi ini sangat jarang didapat Jambi.

            Menurut Koordinator Pengawas Muarojambi, Hendri Akbar, MPd bahwa pada Juli 2012 dirinya diundang ke Jakarta untuk mengikuti Lomba Best Paractice tingkat Nasional dalam Simposium Nasional Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading (BERMUTU).

            “Peserta diuji kemampuannya dalam pelaksanaan kegiatan BERMUTU dan keberhasilan dari program yang dilaksankan secara pribadi. Hasilnya saya Juara I Nasional, hadiah diberikan dihadapan 75 bupati/walikota serta Kepala Dinas Pendidikan se-Indonesia,” sebut Hendri, kemarin.

            Dikatakannya bahwa dirinya sebagai pengawas di Muarojambi diberikan tugas untuk melatih guru BERMUTU, tetapi kapasitas tingkat Provinsi Jambi dan lokasinya diambil di Kabupaten Muarojambi. Hal ini karena dirinya prihatin guru di Muarojambi sukar menulis, padahal naik pangkat harus menggunakan artikel.

            “Karena keprihatinan saya itu, maka saya coba cari solusi agar guru termotivasi. Saat menemukan metode BATAK, yaitu baca, analisis, tulis, analisis dan konsultasi. Dengan cari ini guru tertarik dan banyak menulis. Selama ini mereka merasa susah tetapi bisa dan ini mengantarkan saya juara,” akunya.

            Hasilnya bermutu minta tulisan untuk diterbitkan dan tulisan ini dikirim dengan judul Implementasi Model BATAK Dalam Upaya Peningkatan Motivasi Guru Menulis Artikel Populer. Berkat inilah dirinya diundang ke Jakarta yang dikirim dari Jambi 2 orang, tetapi dirinya yang juara.

            “Ketika di Jakarta saya diuji dan yang menguji para pakar dari perguruan tinggi terkemuka. Saat presentase saya mendapatkan apresiasi dari juri. Saya satu-satunya yang menang dri luar Jawa dan saya raih juara 1,” akunnya bangga.

            Namun dirinya yakin bila pembinaan dilakukan dengan baik, bukan tidak mungkin prestasi-prestasi seperti ini bisa diraih guru dari Provinsi Jambi. Selain itu siswa asal Jambi juga bisa berprestasi dan bisa bersaing dengan daerah lain asalkan dibina dengan baik.

(kta)

 

Sumber: