Beasiswa S2 dan S3 Diumumkan

Beasiswa S2 dan S3 Diumumkan

JAMBI - Dari 5.795 pelamar beasiswa Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, yang dinyatakan lulus hanya 2.477 orang. Sedangkan 3.318 orang dianggap belum memenuhi syarat. Mereka terdiri sebanyak 1.912 beasiswa S1, 427 orang beasiswa S2 dan 138 penerima beasiswa S3.

            Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Drs H Idham Kholid, ME, mengatakan seleksi penerima beasiswa tahun 2012 sangat ketat. Pihaknya benar-benar menyeleksi penerima beasiswa, termasuk pengelola yang ada di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Jambi.

            “Tim administrasi juga saya seterilkan dari pengelola yang lama dan tim yang menyeleksi merupakan tim dari akademisi. Mereka berasal dari doktor dan professor dari Unja, IAIN, Unbari dan Pemda. Maka muncullah hasil verifikasi dan seleksi ketat itu yang kita umumkan hari ini,” ujar Idham disela-sela konferensi pers, kemarin.

            Mengenai pengumumannya siapa penerima beasiswa diakui Idham akan melalui website Pemerintah Provinsi Jambi yaitu http://www.jambiprov.go.id/ dan Harian Pagi Jambi Ekspres. “Pengumumannya pada Senin malam (15/10) sudah bisa dilihat dan bisa juga di Jambi Ekspres,” bebernya.

            Sementara itu Ketua Tim Akademisi, Suaidi Asyari yang menyeleksi penerimaan beasiswa Diknas Provinsi Jambi mengatakan bahwa dari 3.751 calon penerima beasiswa S1. Dirinya mengatakan, hanya 1.912 yang memenuhi syarat dan 1.839 dinyatakan gagal memenuhi 12 kriteria penerima beasiswa Diknas.

            “Dari jumlah itu, universitas terkait menyeleksi dan untuk di luar Kota Jambi bahan diseleksi Diknas. Karena dana terbatas, maka tidak semua dapat beasiswa dan ada 12 pertimbangan dalam rangka memajukan SDM di Jambi,” ujar Suaidi, kmearin.

            Untuk penerima beasiswa S2, Suaidi mengatakan bahwa sebanyak 427 dinyatakan lolos dan berhak menerima beasiswa. Sedangkan 400 didiskualifikasi karena banyak hal dan 938 gagal dalam seleksi. “Termasuk sudah menerima beasiswa dari tempat lain dan menerima tahun sebelumnya. Bahkan ada yang sudah selesai kuliah,” bebernya.

            Sedangkan penerima beasiswa S3, dijelaskannya sebanyak 138 orang berhak menerima beasiswa dari 279 pendaftar beasiswa. Dari hasil seleksi tim, sebanyak 119 orang didiskualifikasi dan 22 orang gagal seleksi. “Dari 138 orang penerima beasiswa S3, sebanyak  23 orang kuliah di luar negeri seperti Jepang, Belanda, Australia, Inggris dan Malaysia,” akunya.

(kta/adv)       

           

Sumber: