MTS GUPPI Kedepankan Mutu Pembelajaran

MTS GUPPI Kedepankan Mutu Pembelajaran

JAMBI-Untuk mencapai visi dan misi sebagai sekolah yang mampu menghasilkan peserta didik, cerdas, mandiri, terampil, bertaqwa dan beriman, maka Madrasah Tsanawiyah (MTs) Gerakan Usaha Pembaharuan Pendidikan Islam (GUPPI) Kota Jambi akan terus melakukan pembenahan.

Terutama dalam proses kegiatan belajar mengajar dengan mengedepankan mutu pembelajaran. Menurut Kepala MTs GUPPI, Masiswanto, untuk mencapai mutu pendidikan yang berkualitas, pihaknya, mencoba secara bertahap, mengadakan proses KBM, dengan berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Secara perlahan, proses pembelajaran yang kita lakukan saat ini, sudah menyesuaikan perkembangan teknologi yang semakin maju. Salah satunya yakni, guru tidak lagi menggunakan papan tulis sebagai media pengajaran, namun sudah menggunakan infocus,” sebut Masiswanto, kemarin.

Secara keseluruhan, diakuinya belum dilakukan, baru beberapa kelas saja yang sudah menggunakan fasilitas ini. Namun, kedepannya, dirinya yakin, seluruh kelas akan menggunakan fasilitas infocus yang juga dilengkapi dengan sambungan internet.

Disamping itu, pihaknya juga mengupayakan peningkatan profesionalisme tenaga pengajar, dengan mengadakan latihan, dan mengikutkan guru-guru dalam seminar. Dengan hal tersebut, dirinya berharap, guru semakin memiliki potensi dan memiliki terobosan dalam mengajar peserta didik, yang sesuai dengan perkembangan zaman, sehingga siswa mudah menerima pelajaran yang diberikan.

Sebagai salah satu institusi pendidikan, yang bercirikan Islam, MTs GUPPI memiliki beberapa progam keagamaan, dalam rangka membina dan membimbing siswa, lebih mengenal Islam secara luas dan nantinya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Kami memiliki progam pengembangan diri, khususnya dalam bidang keagamaan, seperti, Muhadhoroh yang kami lakukan satu kali seminggu, latihan memimpin tahlil, memandikan jenazah, barjanzi dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Dengan hal ini, dirinya berharap, peserta didiknya memiliki pengetahuan dan keterampilan agama, sehingga siswa bisa mengamalkan ilmunya di tengah-tengah masyarakat.

Menurutnya, hal inilah yang menjadi salah satu tujuan dari proses pembelajaran di MTs GUPPI, selain memiliki wawasan mengenai ilmu pengetahuan di bidang umum, siswa juga memiliki pengetahuan agama, yang bisa menjadi landasan berprilaku dalam kehidupan sehari-hari. Dirinya berharap, kedepannya MTs GUPPI mampu menjadi salah satu institusi pendidikan yang diperhitungkan masyarakat, dan semakin dikenal masyarakat karena prestasi dan proses pendidikan yang unggul.

(lia)

Sumber: