Unggulkan Praktek Belajar Al-Qur an

Unggulkan Praktek Belajar Al-Qur an

JAMBI-Sebagai salah satu institusi pendidikan yang bercirikan Islam, maka SMA Islam Al-Falah Kota Jambi memiliki program unggulan dalam proses pembelajaran. Saalah satu program unggulan tersebut adalah praktek belajar Al-Qur’an.

            Menurut Kepala SMA Islam Al-Falah Kota Jambi, A Syihabuddin, SPd, MPdI bahwa, dalam praktek belajar Al-Qur’an tersebut, setiap siswa diwajibkan untuk bisa membaca Al-Qur’an dan akan dikhatamkan pada setiap tahunnya.

 “Kenapa di SMA Al-Falah setiap siswa kami wajibkan untuk bisa membaca Al-Qur’an, karena inilah salah satu upaya kita untuk menjadi salah satu institusi pendidikan yang berkualitas. Salah satunya yaitu kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an,” ujar Syihabuddin, kemarin.

Dikatakannya, salah satu keunggulan SMA Al-Falah ini yaitu, mengenai pendidikan keagamaan yang memiliki porsi lebih banyak dalam proses pembelajarannya dari pada sekolah umum.

Dengan keunggulan itu, siswa-siswinya juga harus memiliki nilai plus, khususnya dalam bidang keagamaan. Sehingga ketika ditengah masyarakat nanti, ilmu pengetahuan tersebut dapat diterapkan dan dipraktekkan secara langsung.

Tidak hanya pembelajaran tentang Al-Qur’an saja, menurutnya ia juga menerapkan pembiasaan salat berjamaah, yang dilakukan di masjid sekolah, khususnya untuk salat dzuhur.

“Ketika memasuki waktu salat dzuhur, guru akan mengkoordinir siswa menuju masjid, untuk mengikuti sholat berjamaah. Dan hal ini kami lakukan setiap hari, sehingga secara perlahan siswa akan terbiasa untuk melakukan salat berjamaah,” jelasnya.

Dalam bidang umum, pihaknya juga tidak ketinggalan, karena proses pembelajaran yang ada di SMA Islam Al-Falah merupakan perpaduan antara ilmu pengetahuan umum dan pengetahuan agama.

Selain itu, pihaknya juga memiliki fasilitas yang menunjang proses pembelajaran siswa, seperti labor computer, perpustakaan, ruang unit kesehatan madrasah, sarana olahraga dan ruang belajar yang nyaman, labor IPA, labor computer full Ac, ruang perpustakaan, serta lingkungan aman dan nyaman, dengan pekarangan luas, sejuk, bersih dan asri. 

Semua hal ini diterapkan dan diberikan kepada para siswa diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas, serta memiliki percaya diri berdasarkan iman dan taqwa. Lalu menghasilkan lulusan yang menguasai pengetahuan yang dimiliki dan memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari, kemudian juga dapat menghasilkan lulusan yang bermoral, disiplin, jujur, dan taqwa serta bersemangat, dan menghasilkan lulusan yang hafal juz 30 dan surah Al-baqarah.

(lia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: