PTPN Alokasikan CSR Rp 2 miliar

PTPN Alokasikan  CSR  Rp 2 miliar

JAMBI- Seperti tahun-tahun sebelumnya PTPN VI rutin manyalurkan program Corporate Cocial Responsibility (CSR) bagi masyarakat yang berada di sekitar beroperasinya unit perusahaan PTPN VI. Dan pada tahun 2012 ini,  PTPN VI mengalokasikan CSR sebesar Rp 2 miliar  yang diberikan kepada masyarakat secara bertahap.

            Kepala Bagian Umum PTPN VI,  Ir. Zainal Prayitno mengatakan pelaksanaan penyaluran CSR sama seperti tahun-tahun sebelumnya, hingga saat ini sudah terealisasi sekita 65 persen. CSR  tersebut diberikan untuk kepentingan masyarakat seperti pembangunan MCK, pengadaan infrastruktur sarana pendidikan, kesehatan, maupun kebutuhan masyarakat yang lainnya.

             “Kita juga ada kerjasama dengan Unja untuk penghijauan dengan menanam 100 ribu pohon,” ungkapnya kepada Jambi Ekspres kemarin.

            Pengadaan 100 ribu pohon bekerjasama dengan Unja,  awalnya dialokasikan untuk dua kabupaten saja, namun cakupan penanaman yang cukup luas, maka dilaksanakan di semua kabupaten. “Dijambi kita ada 8 unit usaha perkebunan, untuk CSR difokuskan pada dimana lokasi unit usaha berada,” katanya.

            Dalam menyalurkan CSR kata Zainal,  bagi masyarakat sekitar unit perusahaan pada dasarnya ditentukan dari unit tersebut akan tetapi harus berkoordinasi dengan kepala desa dimana unit usaha berada.

            Pemberian CSR setiap tahun diberikan berdasarkan perhitungan keuntungan 2 persen dari laba. PTPN VI yang notabenenya perusahan dibidang perkebunan sawit, sangat terpengaruh dengan turunnya harga sawit. Karena itu, untuk tahun depan, akan dilakukan evaluasi keuntungan terlebih dahulu sebelum menyalurkan CSR. “Dalam penyaluran, diperhatikan apa yang perioritas, kalau ada ajuan dari masyarakat yang masih bisa di acc, bisa ditambah lagi,” pungkasnya.

(kar)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: