Disdik Salahkan Tim Seleksi

Disdik Salahkan Tim Seleksi

Terkait Adanya Penerima Beasiswa Ganda

JAMBI – Dinas Pendidikan  (Disdik) Provinsi Jambi salahkan tim seleksi  terkait adanya peneriman beasiswa tahun 2012 ini yang ganda. Hanya saja, Disdik belum mengetahui berapa banyak penerima beasiswa ganda tersebut.

            ‘’ Yang menenentukan lulus atau tidak bukan kami, tapi tim seleksi Kecolongan itu kesalahan dari tim seleksi,’’ ujar Kadisdik Provinsi Jambi Idham Khalid.

Menurutnya, pihaknya sudah berupaya semaksimal mungkin, agar proses seleksi dan pemberian beasiswa ini memang benar-benar tepat sasaran.  Dengan adanya sejumlah penerima ganda yang sempat lolos, Idham memastikan nama-nama itu akan digugurkan.

“Saat ini kita belum punya data. Semua masukan yang kita terima, akan kita lakukan verifikasi. Biasa saja ada pembatalan kalau memang ada kecurangan,” tandasnya.

“Waktu proses pemeriksaan berkas, ada LSM yang memberikan daftar nama yang telah menerima beasiswa lainnya, sebanyak 48 nama. Nama-nama ini langsung tidak kita ikutkan dalam proses lebih lanjut. Selama wawancara, juga diketemukan lebih dari 400 orang yang sudah terima beasiswa,” jelasnya.

Ia mengatakan penerima beasiswa Pemerintah Provinsi Jambi tidak boleh sedang menerima beasiswa dari instansi lainnya.

“Kami mengundang seluruh penerima beasiswa datang ke Dinas Pendidikan untuk menandatangani surat pakta integritas.
Dalam surat tersebut dinyatakan penerima beasiswa tidak sedang menerima beasiswa lainnya,”  ujarnya.

Sementara itu, Asisten I  Setda Provinsi Jambi, Kailani, mengatakan, tujuan diadakannya program beasisa ini untuk orang yang membutuhkan.  Selain itu, program beasiswa pendidikan yang dibiayai lewat APBD juga untuk meningkatkan Sumberdaya manusia. Dengan harapan, ilmu yang diperolah dapat dimanfaatkan untuk memajukan Jambi kedepan.

            “Memang, beasiswa ini di khususkan bagi mereka yang tidak mampu secara ekonomi. Kita bantu mereka dengan beasiswa, agar mereka bias sukses dan segera menamatkan kuliahnya dengan baik,”tegasnya.

Makanya, diakuinya, Gubernur Jambi sangat menyesal dengan kejadian ini. Untuk itu, Gubernur meminta Disdik untuk melakukan verifikasi ulang. Gunanya untuk memastikan bahwa penerima memang benar-benar tepat sasaran dan tidak ada yang ganda.

Padahal, sesuai dengan amanat UU, penerima beasiswa tidak boleh menerima bantuan beasiswa dari pihak lain. “Pak gubernur berkeinginan program beasiswa ini memberikan jangkauan yang luas, maka kebijakan seperti tadi,” tandasnya.  

(fth)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: