DP4 Sementara 245 Ribu Lebih

DP4 Sementara 245 Ribu Lebih

Kamis Diserahkan ke KPU

JAMBI-Jumlah Daftar Pemilih Penduduk Potensial (DP4) sementara di Kabupaten Merangin pada Pemilukada 2013 mendatang hingga kemarin (22/10) mencapai 245.793 jiwa.

Kepastian mengenai hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Merangin, Johan Effendi saat dikonfirmasi harian ini kemarin (22/10).

“DP4 rencananya akan diserahkan kepada KPU Kamis ini melalui Bupati. Jumlahnya sampai hari ini (kemarin, red) mencapai 245.793 jiwa dengan rincian laki-laki 125.852 jiwa dan perempuan 119.941 jiwa. Jumlah ini akan terus bertambah, karena kita masih mengupdate data sampai tanggal 24 Oktober ini,” ujarnya.

Dikatakan Johan, setelah dilakukan pemutakhiran data ada beberapa nama yang dicoret karena ada yang telah meninggal dunia dan ada personil TNI Polri aktif.

“Setelah dikoreksi, ada beberapa nama yang kita coret, seperti TNI Polri,” katanya.

Disinggung mengenai ribuan warga eksodus yang bermukim di Kecamatan Lembah Masurai dan sekitarnya, menurutnya para pendatang tersebut dipastikan tidak mendapatkan hak suara di pesta limatahunan tersebut.

Karena hingga saat ini para pendatang yang didominasi oleh penduduk asal Provinsi Sumatera Selatan, Bengkulu dan Lampung ini belum juga menyerahkan Surat Keterangan Pindah (SKP) dari tempat asalnya.

“Yang terdaftar itu ada sekitar empat KK, yang lainnya tidak ada NIK-nya, makanya tidak terdaftar. Otomatis mereka tidak bisa milih,” sebutnya.

DP4 ini merupakan daftar yang akan digunakan oleh KPUD untuk menjaring jumlah masyarakat sebagai pemilih dalam Pemilukada mendatang. Sehingga nantinya berdasarkan jumlah pemilih tersebut KPUD dapat mengetahui jumlah pasti masyarakat yang mempunyai hak pilih.

Sementara itu, anggota KPUD Merangin, Nanda mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih menunggu DP4 dari Pemkab. “Penyerah DP4 dari Pemkab Insyaallah tanggal 25 Oktober besok,’ ujarnya.

Ditambahkan Nanda, setelah pihaknya menerima PD4 tersebut prosesnya selanjutnya menjadi daftar pemilih (Model A) untuk disampaikan ke PPS melalui PPK. “Baru kemudian diproses menjadi DPS,” tambahnya.

Sedangkan untuk jumlah DPT pada Pilgub lalu, berjumlah 225.118 yang terdiri dari 115.763 laki-laki dan perempuan 109.335. sedangkan DPT pada Pemilukada 2008 lalu sebanyak 200.344, laki-laki berjumlah 102.476 dan perempuan 97.868.

(cas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: