10 Parpol Sudah Diverifikasi

10 Parpol Sudah Diverifikasi

KPUD Sambangi Kantor Gerindra

JAMBI- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi, kemarin (31/10) melakukan verifikasi faktual terhadap berkas administrasi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) provinsi Jambi.

Pantauan koran ini, KPU datang ke kantor DPD Partai Gerindra, pada pukul 11.00 WIB. Rombongan KPU dipimpin langsung oleh Ketua KPU Provinsi Jambi,  M Yaser Arafat dan didampingi oleh  Asnawi, ketua Badan pengawas Pemilu (Banwaslu).

Menurut Sutan Adil, melakukan verifikasi itu merupakan amanah undang-undang. Meskipun demikian, partai yang dipimpinnya itu sudah siap untuk dilakukan verifikasi oleh KPU. \"Kita sangat siap untuk dilakukan verifikasi. Yang terpenting adalah diverifikasi sesuai dengan aturan yang berlaku,\" sebutnya.

Secara mekanismenya, berkas administrasi Gerindra provinsi Jambi sudah dikirim ke DPP Partai Gerindra. Namun, untuk di kantor masih banyak dokumen-dikumen asli yang utuh dipegangnya.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Jambi, M Yaser Arafat mengatakan hingga kemarin, sebanyak 10 parpol yang diverifikasi KPU. Dalam verifikasi ini, KPU terdiri dari lima tim. Menurut Yaser, berdasarkan pengumuman KPU pusat beberapa waktu lalu, ada  16 parpol yang dinyatakan lolos. Untuk proses lebih lanjutnya, KPU diberikan tugas untuk memverifikasi faktual guna membuktikan kebenaran administrasi yang sebelumnya sudah diberikan ke KPU. \"Kita hany mencocokkan saja, apakah fhoto copy yang diserahkan kepada kita sama dengan aslinya aatau tidak,\" kata Yaser.

Hal-hal lain yang diverifikasi oleh KPU seperti, membuktikan secara faktual tentang struktur organisasi parpol, mengecek identitas pengurus berupa KTP dan KTA yang sesuai SK,  keberadaan kantor, apakah statusnya pinjam pakai, sewa, atau milik sendiri, tetap dilampirkan dengan bukti yanh jelas. \"Kita sangat fokus memverifikasi ini dengan mendatangi setiap Parpol,\" terangnya.

Sebelum melakukan verifikasi ke partai Gerindra, pada pukul 09.00 WIB, tim dari KPU melakukan verifikasi ke kantor  PDP. Menurut Kasrianto, verifikasi berkas di PDP, pihaknya menemukan kuota 30 persen perempuan dalam partainya masih belum terpenuhi. \"Ini menjadi cacatan kami. Dan kami akan membawa temuan ini ke dalam rapat pleno sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan,\" kata Kasrianto, anggota KPU Provinsi Jambi yang menangani verifikasi berkas di PDP.

Terkait kantor PDP yang terkesan apa adanya, Kasrianto mengatakan tidak mempersoalkan itu. \"Memang tidak seperti kantor sekretariatan partai lainnya. Tapi, kita tidak menilai seperti apa kantornya, berapa ukurannya, dan lain-lain. Yang kita verifikasi itu hanya struktur kepengurusan, KTP dan KTA, status kantor dan sebagainya,\" pungkasnya.

(pin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: